Rian Prabana, Senior Director of Strategy Hakuhodo International Indonesia & Head of Sei-katsu-sha Lab, menuturkan hasil studi memberikan warna dan perspektif baru tentang Kelas Menengah.
"Mereka tidak lagi sekadar mencari aspirasi, tetapi mencari keseimbangan," kata Rian.
Hasil temuan menjadikan marketers bisa memahami perubahan sisi emosional yang sering tidak tergambarkan oleh angka statistik.
"Dengan membawa pandangan baru ini, Marketers dapat membangun hubungan yang lebih relevan dan memberikan peran penting dalam pertumbuhan mereka," ceplos Rian Prabana.
Value on Life
Pandangan Kelas Menengah terhadap kehidupan kini menjadi realistis, dari sebelumnya penuh mimpi.
Dulu, kelas menengah adalah segmen yang selalu berlomba-lomba naik tangga sosial-ekonomi, kini mereka lebih berpijak pada kenyataan.
Mimpi untuk maju tetap ada, tetapi kini diimbangi dengan ketidakpastian hidup dan sikap yang lebih realistis.
89 persen responden mengatakan mereka tidak mudah menyerah saat menghadapi kegagalan, yang menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi terhadap tantangan hidup.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait
