Lokomotif CC202 adalah lokomotif diesel elektrik buatan Kanada. Perusahaan yang membuatnya adalah Electro-Motive Diesel, Inc. dengan nomor seri EMD G26MC-2U.
Lokomotif dengan nama sebutan 'Badak Sumatera' ini menjadi lokomotif terberat pertama yang hadir di Indonesia. Berat lokomotif CC202 adalah 108 ton (106 ton panjang; 119 ton pendek). Lokomotif CC 202 dipakai di Indonesia dengan susunan gandar Co'Co'. Karena berat lokomotif ini yang mencapai 108 ton, lokomotif CC202 hanya beroperasi di Pulau Sumatera, dan tidak beroperasi di Pulau Jawa.
Jumlah susunan gandar pada lokomotif CC202 adalah enam. Bogie yang digunakan berjenis traksi tinggi tipe-C. Sedangkan mesin Roots blower/ Supercharger EMD 16-645E. Mesinnya dapat bekerja dengan tenaga sebesar 1.680 kW (2.250 hp).
Lokomotif CC202 digunakan sebagai penarik kereta api pembawa batu bara. Pengangkutan batu bara dengan lokomotif CC202 hanya dilakukan di Sumatera Selatan. Namun tidak jarang CC202 juga bertugas membawa kereta penumpang. Lokomotif CC202 sangat mirip dengan lokomotif EMD SD38-2 di Amerika Serikat.
Desain lokomotif CC202 dikembangkan sebagai lokomotif CC205. Lokomotif CC202 dimiliki oleh KAI.
Editor : Mahfud
KAI lokomotif terberat di Indonesia lokomotif besar Indonesia lokomotif buatan Indonesia Lokomotif kereta api PT Kereta Api Indonesia Lokomotif BB200 General Motors Electro-Motive Division Amerika Serikat EMD G8U6 PT KAI lokomotif BB 200 Balai Yasa Lahat railfans Museum Kereta Api Ambarawa Lokomotif CC200 General Electric Pjka Perumka Lokomotif CC 200 Stasiun Cirebon Balai Yasa Yogyakarta Lokomotif CC201 Lokomotif CC 201 Stasiun Lebakjero GE U18C high-speed diesel HSD GE Transportation Lokomotif CC202 Lokomotif CC 202 Kanada EMD G26MC-2U badak Sumatera lokomotif CC203 Lokomotif CC 203 Yogyakarta stasiun lempuyangan Lokomotif CC204 Lokomotif CC 204 PT Industri Kereta Api INKA madiun General Electric Transportation Lokomotif CC205 lokomotif CC 205 Progress Rail Gajah Sumatera apkir Direktur Utama KAI Lokomotif CC206 Lokomotif CC 206 Stasiun Soka Puong Kereta Api Jarak Jauh KAJJ Lokomotif CC300 Lokomotif CC 300 lokomotif diesel hidrolik Kementerian Perhubungan Kemenhub Ditjen Perkeretaapian Kemenhub DJKA PT INKA Madiun PT INKA lokomotif diesel elektrik
Artikel Terkait