Daerah dengan Tingkat Kegemaran Membaca Tertinggi, Yogya di Urutan 1

Elsa P Lumbantoruan
Ilustrasi Tingkat Kegemaran Membaca. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) masyarakat mencerminkan sejauh mana masyarakat terbiasa atau berperilaku untuk memperoleh pengetahuan dan informasi dari berbagai media, yang dapat diupayakan secara mandiri oleh pemerintah daerah dalam jangka waktu tertentu.

Nilai TGM diperoleh dari metode survei dengan pengukuran terhadap 3 dimensi utama, yaitu frekuensi membaca, durasi membaca, dan jumlah buku yang dibaca.

Diketahui sepuluh provinsi dengan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) tertinggi 2023 secara berurutan adalah DI Yogyakarta (73,27), Jawa Tengah (71,31), Jawa Barat (70,47), DKI Jakarta (69,94), Jawa Timur (69,78), Kalimantan Utara (69,31), Kalimantan Timur (68,46), Sumatera Barat (68,46), Sulawesi Selatan (68,20), dan Jambi (68,10). 

Secara keseluruhan,TGM masyarakat Indonesia pada tahun 2023 mencapai skor total 66,77. Angka ini menunjukkan kalau tingkat kegemaran membaca masyarakat berada dalam kategori sedang, dengan rentang nilai TGM antara 50,1 hingga 75.

Selain itu, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) juga mengungkapkan bahwa frekuensi membaca nasional adalah lima kali dalam seminggu, dengan durasi membaca nasional sekitar 1 jam 47 menit setiap hari.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network