Ini dia lokomotif yang paling banyak kita jumpai jika kita menggunakan moda transportasi KA. Lokomotif CC201 adalah lokomotif diesel elektrik milik PT KAI yang diproduksi oleh General Electric Transportation dengan model GE U18C. Lokomotif ini diproduksi mulai dari tahun 1977 hingga 1992, dan hingga saat ini lokomotif seri ini masih beroperasi di Indonesia.
Lokomotif CC 201 mempunyai massa 84 ton (83 ton panjang; 93 ton pendek). Desain lokomotif ini lebih ramping serta mampu menghasilkan daya sebesar 1.454 kW (1.950 hp). Lokomotif ini memiliki mesin penggerak utama GE 7FDL-8, dengan bahan bakar solar high-speed diesel (HSD).
Lokomotif dengan sebutan 'hidung kotak' ini memiliki susunan gandar Co'Co', yakni dua bogie yang masing-masing memiliki tiga gandar berpenggerak. Pada lintasan datar maupun pegunungan, kecepatan Lokomotif CC201 dapat mencapai 120 km/h (33 m/s).
Sepanjang waktu, lokomotif ini telah banyak bertugas menarik berbagai jenis rangkaian kereta, mulai dari kereta eksekutif, bisnis, ekonomi, campuran, sampai kereta barang/kargo. Namun saat ini, lokomotif ini lebih banyak dioperasikan untuk KA kelas bisnis, campuran, ekonomi, dan lokal, termasuk berdinas langsiran menggantikan lokomotif D300, D301, atau BB300 dan digunakan untuk latihan calon masinis.
Lokomotif ini merupakan lokomotif GE Transportation yang paling sukses di Indonesia, mengingat ketersediaan suku cadang yang cukup. Peran lokomotif diesel hidrolik di Sumatera dan Jawa pun mulai tergantikan oleh lokomotif ini.
Editor : Mahfud
KAI lokomotif terberat di Indonesia lokomotif besar Indonesia lokomotif buatan Indonesia Lokomotif kereta api PT Kereta Api Indonesia Lokomotif BB200 General Motors Electro-Motive Division Amerika Serikat EMD G8U6 PT KAI lokomotif BB 200 Balai Yasa Lahat railfans Museum Kereta Api Ambarawa Lokomotif CC200 General Electric Pjka Perumka Lokomotif CC 200 Stasiun Cirebon Balai Yasa Yogyakarta Lokomotif CC201 Lokomotif CC 201 Stasiun Lebakjero GE U18C high-speed diesel HSD GE Transportation Lokomotif CC202 Lokomotif CC 202 Kanada EMD G26MC-2U badak Sumatera lokomotif CC203 Lokomotif CC 203 Yogyakarta stasiun lempuyangan Lokomotif CC204 Lokomotif CC 204 PT Industri Kereta Api INKA madiun General Electric Transportation Lokomotif CC205 lokomotif CC 205 Progress Rail Gajah Sumatera apkir Direktur Utama KAI Lokomotif CC206 Lokomotif CC 206 Stasiun Soka Puong Kereta Api Jarak Jauh KAJJ Lokomotif CC300 Lokomotif CC 300 lokomotif diesel hidrolik Kementerian Perhubungan Kemenhub Ditjen Perkeretaapian Kemenhub DJKA PT INKA Madiun PT INKA lokomotif diesel elektrik
Artikel Terkait