Kenali Tanda Silent Migraine, Berikut 4 Cara Mengatasinya

Kartika
Inilah cara mengenali tanda silent migraine, berikut 4 cara mengatasi silent migrain tersebut. Foto ilustrasi: Freepik/gpointstudio

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah cara mengenali tanda silent migraine, berikut 4 cara mengatasi silent migrain tersebut. Silent migraine memang sebaiknya dikenali tandanya, karena penyakit ini dapat mempengaruhi pandangan mata dan keseimbangan tubuh.

Mendengar kata migrain biasanya orang mengasosiasikan dengan ‘sakit’, ‘sakit kepala, dan ‘berdenyut’, karena diketahui migrain memang menyebabkan sakit kepala berdenyut, berdebar dan kadang melumpuhkan.

Tapi tidak semua migrain diciptakan sama. Beberapa tidak merasakan berdebar atau sakit, namun merasakan gejala seperti gangguan visual, sensorik atau bicara dan bahasa, yang disebut silent migraine atau aura migrain tanpa sakit kepala.

Kenali Tanda Silent Migraine

Melansir Livestrong, pada Minggu (4/6/2023), istilah aura migrain tanpa sakit kepala, menurut Laura R. Natbony, MD, FAHS dari American Headache Society, pendiri dan direktur medis Integrative Headache Medicine of New York adalah ada perubahan dalam hal penglihatan, sensorik, bicara dan/atau motorik yang tidak disertai nyeri kepala.

Berdasarkan Klinik Cleveland, aura adalah serangan berulang yang menampilkan gangguan sensorik sementara, seperti melihat titik atau bintik, kesulitan mendengar atau berbicara jelas, serta mengalami tinnitus atau pusing.

Umumnya jenis serangan ini mendahului timbulnya sakit kepala akibat migrain, tetapi silent migraine melewatkan fase nyeri sama sekali. Seperti halnya migrain, penyebab silent migraine tidak dapat diketahui sepenuhnya.

Berdasarkan perpustakaan kesehatan nasional (NLM), beberapa penelitian menjelaskan kondisi tersebut mungkin disebabkan oleh gelombang listrik seperti pengisian neurons yang bergerak melintasi korteks di otak, lalu membawa perubahan visual.

Pemicu terjadinya silent migraine sama dengan sakit kepala migrain., yakni stres, perubahan udara, fluktuasi hormonal, perubahan kebiasaan rutin, cahaya terang, beberapa makanan atau obat-obatan, dan gangguan tidur.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network