Kenali 6 Lokasi Sakit Kepala, Berikut Arti dan Cara Mengatasinya

Kartika
Kenali 6 lokasi sakit kepala yang sering dialami seseorang, berikut penjelasan mengenai arti dan cara mengatasi sakit kepala di masing-masing lokasi tersebut. Foto ilustrasi: Freepik/jcomp

DEPOK, iNewsDepok.id - Kenali 6 lokasi sakit kepala yang sering dialami seseorang, berikut penjelasan mengenai arti dan cara mengatasi sakit kepala di masing-masing lokasi tersebut. Sakit kepala memang mengganggu aktivitas, karena itu sebaiknya jangan diabaikan.

Sakit kepala bisa menyerang di segala sisi. Misalnya nyeri di pelipis bisa jadi mengalami migrain atau sakit kepala karena tegang, rasa sakit yang dirasakan membelah dahi, denyut nadi di pelipis maupun sensasi menusuk di belakang mata.

Teshamae Monteith, MD, profesor asosiasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Miller dan anggota Amerikan Neurogical Association, mengatakan meskipun sebagian besar sakit kepala tidak berbahaya, beberapa mungkin menandakan kondisi kesehatan yang lebih serius.

Oleh karena itu, cari perawatan medis segera jika mengalami sakit kepala disertai demam, penurunan berat badan, kehilangan penglihatan, kebingungan, pingsan, kehilangan kesadaran, kelemahan, ketidakseimbangan atau gangguan bicara.

Lokasi sakit kepala memberikan beberapa petunjuk mengenai penyebab dan cara terbaik mengobatinya. Lokasi sakit kepala hanyalah satu bagian dari teka-teki untuk mengidentifikasi jenis sakit kepala yang dialami. Faktor lain seperti durasi, frekuensi, gejala terkait tambahan dan riwayat medis seseorang untuk mempersempit penyebab sakit kepala.

Lantas apa arti dari lokasi sakit kepala yang dialami dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini penjelasan Dr. Monteith mengenai lokasi sakit kepala berikut arti dan cara mengatasinya, seperti dilansir dari Livestrong, pada Rabu (7/6/2023):

Kenali 6 Lokasi Sakit Kepala

  1. Di seluruh kepala

Sakit kepala seperti ada ‘pita ketat’ yang meremas seluruh kepala, menurut Dr. Monteigt adalah sakit kepala khas karena tegang. Penyebabnya dipicu stres dan kurang tidur, yang ditandai dengan tekanan dan rasa sesak di sekitar kepala, seiring dengan ketegangan di leher, bahu dan rahang.  

Baystate Health menyebutkan obat penghilang rasa nyeri yang dijual bebas seperti acetaminophen (Tylenol), aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin) dan naproxen (Aleve) sering berhasil mengatasi sakit kepala karena tegang.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network