Rasa Tak Nyaman Saat Migrain Kambuh, Berikut 5 Langkah Mencegah Rasa Sakitnya

Poppy Indah
Rasa Tak Nyaman Saat Migrain Kambuh, Berikut 5 Langkah Mencegah Rasa Sakitnya. Foto: Freepik/jcomp

DEPOK, iNewsDepok.id - Bila migrain kambuh rasanya tidak nyaman. Kepala terasa berdenyut pada satu sisi saja, lalu terasa mual serta kepekaan terhadap cahaya atau suara menjadi meningkat. Akibatnya, penglihatan menjadi sangat terang dan suara menjadi bising.

Migrain adalah kondisi sakit kepala berdenyut di satu sisi tertentu saja, yang intensitasnya dapat bervariasi. Terkadang migrain terjadi dalam waktu singkat, tetapi bisa juga terjadi dalam waktu yang lumayan lama.

Mengutip Alodokter, kemunculan migrain dapat dipicu oleh peningkatan kadar hormon estrogen atau faktor emosional, seperti stres atau cemas.

Lantas apa yang harus dilakukan bila timbul migrain? Berikut 5 langkah sederhana untuk mencegah rasa sakit akibat migrain, seperti dilansir dari Mayo Clinic, pada Sabtu (14/1/2023):

  1. Mencari tempat yang tenang

Setelah mengalami migrain, maka lakukan istirahat dan menjaduh dari apapun yang kita lakukan bila memungkinkan. Setelah itu, lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Padamkan lampu. Cahaya dan suara dapat memperparah nyeri migrain. Bersantailah di ruangan yang gelap dan sunyi dan cobalah untuk tidur jika bisa.
  • Coba terapi suhu. Oleskan kompres panas atau dingin ke kepala atau leher. Es memiliki efek mati rasa, yang dapat menghilangkan rasa sakit. Mandi air hangat atau berendam kemungkinan memiliki efek yang serupa.
  • Mencicipi minuman berkafein. Dalam jumlah kecil, kafein sudah bisa meredakan nyeri migrain pada tahap awal. Kafein juga dapat meningkatkan efek pereda nyeri dari acetaminophen (Tylenol, lainnya) dan aspirin. Namun berhati-hatilah, minum terlalu banyak kafein terlalu sering dapat menyebabkan sakit kepala yang lebih hebat di kemudian hari. Selain itu mengonsumsi kafein terlalu larut di siang hari dapat mengganggu tidur di malam hari yang dapat mempengaruhi migrain.


Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network