Selain Dokter, IDI Izinkan Profesi Ini Keluarkan Surat Sakit

Muhammad Sukardi
IDI menegaskan hanya dokter dan bidan saja yang boleh mengeluarkan surat izin sakit, selain itu dilarang. Foto: VOI

JAKARTA, iNewsDepok.id - IDI menegaskan hanya dokter dan bidan saja yang boleh mengeluarkan surat izin sakit, selain itu dilarang. 

Ketua Bidang Hukum Pembelaan dan Pembinaan Anggota (BHP2A)  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr.dr. Beni Satria, MH(Kes) membeberkan dokter yang dimaksud adalah; dokter umum, dokter spesialis, dokter sub-spesialis, maupun dokter gigi. 

Sementara khusus untuk tenaga kesehatan (nakes) bidan, idealnya surat izin sakit hanya boleh diberikan pada pasien ibu atau anak usia di bawah remaja. 

"Idealnya itu, kewenangan mengeluarkan surat keterangan sakit adalah kewenangan seorang dokter, bukan tenaga kesehatan lain," kata dr Beni dalam konferensi pers daring, belum lama ini. 

Artinya, tenaga kesehatan lain tidak punya kewenangan mengeluarkan surat izin sakit. Namun, ada pengecualian untuk bidan. 

"Bidan pun hanya boleh mengeluarkan surat keterangan karena pasiennya itu hamil atau karena pasiennya mual-mual, muntah, dan ternyata hamil. Maka surat keterangan hamil akan dikeluarkan oleh bidan," jelas dr Beni. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network