Logo Network
Network

Tundukkan Myanmar 3-1, Timnas Indonesia U-23 Melaju ke Semifinal SEA Games 2021

Tim iNews
.
Minggu, 15 Mei 2022 | 18:15 WIB
Tundukkan Myanmar 3-1, Timnas Indonesia U-23 Melaju ke Semifinal SEA Games 2021
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong memperhatikan anak asuhannya melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Myanmar, Minggu (15/5/2022). Foto: tangkapan layar

JAKARTA, iNewsDepok.id - Timnas Indonesia U-23 merebut tiket semifinal SEA Games 2021 setelah mengalahkan Myanmar 3-1 dalam laga pamungkas Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Vietnam, Minggu (15/5/2022) WIB.

Tiga gol untuk Indonesia dicetak pada babak pertama oleh Egy Maulana Virki (6') Witan Sulaeman (10'), dan Marselino Ferdinan pada injury time (45+1).

Sementara gol Myanmar dicetak pada babak kedua oleh Win Naing Tun pada menit ke-65.

Timnas Indonesia dan Myanmar harus menjalani duel dengan kondisi rumput lapangan yang basah akibat guyuran hujan.

Pada awal pertandingan, Indonesia tampil lebih unggul menghadapi formasi tiga bek Myanmar. Ancaman serius Garuda Muda bermula dari aksi Egy Maulana Vikri pada menit ke-4. Memanfaatkan umpan dalam situasi sepak pojok, Egy melepaskan tembakan jarak dekat dengan kaki kanan. Namun, tendangan pemain FK Senica itu masih menyamping.

Indonesia yang terus menyerang kemudian mencetak gol cepat pada menit keenam. Irfan Jauhari menembus kotak penalti Myanmar dan menembak bola dengan cepat, tetapi dapat diblok oleh barisan pertahanan Myanmar.

Muntahan bola kemudian dimanfaatkan Egy yang berada pada posisi dimana bola itu datang, dan tembakan Egy menggerkan gawang Myanmar.

Skor 1-0 untuk Indonesia.

Gol itu membuat para Garuda Muda semakin nyaman dalam menyerang. Hanya butuh waktu empat menit, pasukan Shin Tae-yong sukses menggandakan keunggulan.

Kali ini, aksi Ricky Kambuaya menginspirasi serangan Garuda. Gelandang Persib Bandung itu lalu memberikan umpan backheel di kotak penalti Myanmar, dan dieksekusi Witan Sulaeman.

Bola membentur kaki salah satu pemain Myanmar, dan memantul masuk ke gawangnya sendiri.

2-0 untuk Indonesia.

Pada menit ke-15, Irfan Jauhari mendapatkan peluang emas. Umpan terobosan dari Witan dituntaskannya dengan sepakan kaki kiri dari jarak dekat, akan tetapi kiper Pyae Phyo Thu dapat menepisnya.

Pada menit ke-28, pemain andalan Vietnam, Win Naing Tun, menjebol gawang Indonesia setelah memanfatkan cutback di sisi kanan, tetapi dianulir wasit karena pemain Myanmar yang memberikan umpan telah berada dalam posisi offside.

Pada masa injury time, Indonesia mencetak gol ketiga setelah Marselino Ferdinan memanfaatkan bola rebound dalam situasi sepak pojok.

Bola itu juga sempat membentur pemain Myanmar sebelum menceplos ke dalam gawang.

Di babak kedua, Indonesia dan Myanmar mencetak beberapa peluang, tetapi hanya Myanmar yang dapat mengonversinya menjadi gol.

Gol itu dicetak Win Naing Tun pada menit ke-65.

Hasil ini membuat Indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2021.

 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini