get app
inews
Aa Read Next : 5 Wakil Indonesia Telah Lolos ke Semifinal Badminton SEA Games 2021

Bantai Filipina 4-0, Indonesia Gusur Myanmar dari Puncak Klasemen Grup A SEA Games 2021

Jum'at, 13 Mei 2022 | 18:55 WIB
header img
Momen saat Rizky Ridho mencetak gol kedua untuk Indonesia. Foto: tangkapan layar

HANOI, iNewsDepok.id - Timnas Indonesia U-23 membantai Timnas U-23 Filipina 4-0 dalam laga lanjutan Grup A SEA Games 2021 yang digelar di Stadion Viet Tri, Vietnam, Jumat (13/5/2022) sore.

Keempat gol tersebut dicetak Muhammad Ridwan pada menit ke-18 dan 74, Rizky Ridho pada menit ke-44, Egy Maulana Vikri pada menit ke-74, dan Marseliano Ferdinand pada menit ke-84 melalui kotak penalti.

Filipina berusaha menekan Indonesia di awal laga, dan beberapa kali menciptakan kemelut di depan gawang Indonesia, tetapi lini belakang Garuda Muda tampil disiplin, sehingga peluang-peluang yang dicetak para pemain Filipina gagal membuahkan gol.

Pada menit-18, Indonesia justru berhasil menggetarkan gawang Filipina setelah Egy Maulana Fikri menerima umpan panjang yang langsung digiring ke arah gawang Filipina, dan ditendang menyilang di depan gawang Filipina.

Assist ini dimanfaatkan Ridwan yang langsung mengejar bola itu dan menyepaknya, hanya sedetik sebelum pemain lini belakang Filipina menghalau bola tersebut.

Gol ini mengubah angka di papan skor menjadi 1-0 untuk Indonesia.

Unggul satu kosong membuat Garuda Muda makin percaya diri, sehingga kini Filipina lah yang tertekan oleh serangan-serangan Indonesia.

Pada masa injury time babak pertama atau pada menit ke-44, pemain Filipina melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Indonesia, sehingga Tim Garuda mendapat hadiah tendangan bebas dari wasit.

Tendangan bebas itu dieksekusi Syahrian Abimayu dengan menendang bola jauh ke depan gawang, dan disundul Rizky Ridho. Gawang Filipina kembali bergetar.

Skor 2-0 untuk Indonesia.

Di babak kedua, Indonesia kembali menekan Filipina, tetapi pemain Filipina bermain lebih solid, sehingga kembali menciptakan beberapa peluang, tetapi disiplin pemain belakang Indonesia dan eksekusi yang tidak sempurna membuat skor Filipina tetap nol.

Sebaliknya, pada menit ke-74 Egy mendapat umpan matang ke depan gawang. Meski dibayang-bayangi seorang pemain belakang Filipina, Egy berhasil mendapat kesempatan untuk melepas tendangan ke gawang Filipina.

Skor berubah 3-0.

Pada menit ke-84, kepiawaian Ronaldo menembus pemain belakang Filipina membuatnya dijegal di dalam kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih.

Penalti dieksekusi Marseliano, dan untuk keempat kali Filipina kebobolan.

Hasil ini membuat Indonesia yang terpuruk didasar klasemen Grup A karena baru menang sekali melawan Timor Leste dengan 3-0, langsung meroket ke puncak klasemen dengan menggusur Myanmar yang semula berada di peringkat pertama, karena meski Indonesia dan Myanmar sama-sama mengoleksi 6 poin, tapi Indonesia menang agregat.

Malam ini, Myanmar menghadapi tuan rumah Vietnam yang sedang terpuruk di posisi ketiga, sementara Filipina terhempas ke peringkat 4 klasemen, dan Timor Leste berada di dasar klasemen 

 

 

 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut