get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Cegah Terorisme dan Lawan Radikalisasi, BNPT-Uni Eropa Gelar Seminar di Jakarta

Jum'at, 13 Mei 2022 | 07:54 WIB
header img
BNPT-Uni Eropa menggelar seminar bertajuk "Preventing Terrorist Attacks and Fighting Radicalization Through Better Detection of Weak Signals and Information Sharing". Seminar berlangsung di Jakarta, 11-12 Mei 2022.

JAKARTA, iNews Depok.id –Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Uni Eropa kerja sama menggelar seminar mencegah terorisme dan melawan radikalisasi. Seminar ditujukan untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik melalui deteksi sinyal-sinyal terorisme dan berbagi informasi. 

Seminar berlangsung di Jakarta, 11-12 Mei 2022. Seminar regional Indo-Pacific ini bertajuk "Preventing Terrorist Attacks and Fighting Radicalization Through Better Detection of Weak Signals and Information Sharing". 

Kepala BNPT Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar, MH menyatakan seminar memiliki peran penting dalam memperkuat upaya penanggulangan terorisme. 

"Kegiatan seminar ini dapat meningkatkan kerja sama dalam penanggulangan terorisme yang selama ini telah dibangun antara Indonesia dengan Uni Eropa," katanya. 

Tema yang diambil dalam seminar, tutur Boy, sangat relevan untuk dibahas mengingat ancaman  terorisme bergerak secara dinamis dengan memanfaatkan teknologi dan era disrupsi. Seminar juga membahas pemutakhiran data dan informasi, pemolisian masyarakat dan tantangan dalam menghadapi era disrupsi dan teknologi media digital (media sosial). 

"Beberapa hal dibahas dan ini sangat relevan dalam memperluas pengetahuan dan pemahaman kita dalam penanggulangan terorisme," jelasnya. 

Sementara itu, Perwakilan UE untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Piket menjelaskan UE telah menempatkan kejahatan terorisme sebagai prioritas utama. Untuk itu UE memiliki komitmen dalam mengembangkan kerjasama yang baik dan efektif dalam menanggulangi ancaman terorisme

"Kerja sama negara lintas benua sangat penting. Ada topik terkait terorisme yang patut kita bahas bersama seperti di bidang teknologi dan desiminasi konten terorisme di dunia online," jelasnya. 

Koordinator UE Bidang Penanggulangan Terorisme Ilkka Salmi menyebut negara di dunia harus dapat meminimalisir pemanfaatan teknologi oleh kelompok terorisme dan meningkatkan kemampuan penegak hukum dalam menanggulangi terorisme menggunakan kemajuan teknologi saat ini. 

"Negara harus mengurangi pemanfaatan teknologi oleh kelompok terorisme dan pihak keamanan negara harus paham dengan teknologi baru guna melawan ancaman terorisme termasuk di bidang ancaman siber dan maritim," kata Salmi.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut