get app
inews
Aa Read Next : Final All England 2023, Pasangan Fajar/Rian Kalahkan Ahsan/Hendra di Partai Final

Kalahkan China 3-0, Indonesia Melaju ke Semifinal Thomas Cup 2022

Kamis, 12 Mei 2022 | 22:42 WIB
header img
Pebulutangkis tunggal putra andalan Indonesia, Jonathan Christie. Dok: Badminton Photo

BANGKOK, iNewsDepok.id - Tim Indonesia mengalahkan Tim China dalam babak perempat final Thomas Cup 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (12/5/2022) malam, dan melaju ke babak semifinal.

Indonesia menang atas China dengan skor 3-0.

Anthony Sinisuka Ginting yang diturunkan pada partai pertama menundukkan Zhao Junpeng melalui pertarungan rubber set yang sengit dan berlangsung selama 1 jam 20 menit. Anthony menang 21--12, 25-27 dan 21-17.

Di partai kedua, pasangan yang baru tampil dua kali dalam gelaran Thomas Cup 2022, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukomulja, menundukkan Liu Yu Chen/Ou Xuanyi dalam dua gim langsung, 21-17 dan 21-16.

Di partai ketiga, Jonathan Christie mengalahkan Li Shifeng dalam dua gim langsung 21-13 dan 21-18.

Partai ketiga ini sangat menegangkan karena merupakan partai penentuan bagi Indonesia maupun China, karena jika Shifeng kalah, maka China tersingkir dari Thomas Cup 2022 dan Indonesia maju ke semifinal, sementara jika Shifeng menang, maka China akan dapat bernapas lega dan masih punya harapan untuk menyamakan kedudukan melalui partai keempat yang mempertemukan Ren Xiangyu/Tan Qiang dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Ketegangan ini sama atmosfirnya seperti pada final Thomas Cup 2021 di mana Indonesia juga berhadapan dengan China, dan Indonesia menang 3-0.

Namun, Jonathan Christie agaknya dapat memikul beban di pundaknya dengan sangat baik.

Pada gim pertama, dia bahkan dapat mengendalikan permainan dengan serangan-serangan yang tak mudah dihadapi Shifeng, dan penempatan bola-bola yang akurat.

Gim ini berakhir dengan selisih yang lumayan jauh, yakni 21-13.

Di babak kedua, Shifeng bermain lebih baik, sehingga sempat membuat Jojo kewalahan dan tertinggal 1-5. Namun, Jojo, panggilan Jonathan Christie, kembali bangkit dengan mengurangi kesalahan-kesalahan dan kembali bermain dengan pola menyerang 

Ketika kedudukan 17-17, Jojo sempat melesat ke angka 19, tetapi Shifeng mendekat dengan mendapat satu angka, sehingga menjadi 19-18.

Dalam momen-momen kritis itu, Jojo terlihat lebih tenang dan berhasil menambah angka menjadi 20-18, dan akhirnya menutup gim dengan 21-18.

Sepanjang turnamen Thomas Cup 2022, Jojo belum pernah kalah. Ia menang saat Indonesia bertemu Singapura dan Thailand.

Di semifinal, Indonesia akan menghadapi Jepang yang mengalahkan Taiwan 3-2 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut