get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Hikmah Pandemi: Beli 1 Bus Murah, Mas Wahid Kini Miliki 10 Bus Wisata

Rabu, 11 Mei 2022 | 14:02 WIB
header img
Seorang mantan guru Mas Wahid membeli bus bangkai di masa pandemi dengan harga murah. Usaha Mas Wahid berkembang dan kini miliki 10 bus wisata (Foto: Tangkapan layar kanal YouTube Mas Wahid).

DEPOK, iNewsDepok.id – Berawal dari ketertarikannya dengan dunia bus, Mas Wahid seorang YouTuber otomotif dan mantan guru asal Semarang memantapkan hati terjun ke bisnis bus pariwisata. 

Keputusannya terjun ke dunia bus pariwisata tergolong nekat. Betapa tidak, ia memulai masuk ke bisnis ini di masa pandemi Covid-19. Pada masa pandemi, bisnis bus pariwisata tengah lesu karena masyarakat enggan bepergian atau berwisata.

Sementara Mas Wahid memiliki alasan tersendiri, kenapa dirinya berani terjun di bisnis bus pariwisata dan membeli bus bekas di saat pandemi.

Menurutnya di masa pandemi banyak perusahaan bus yang sedang mengalami kendala keuangan. Dan harga bus bekas jadi turun, bahkan dibawah harga pasaran bus bekas pada umumnya.

Yang unik adalah, bus pertama yang dibeli Mas Wahid adalah bus bangkai atau bus yang sudah lama tidak jalan. Bus itu adalah armada bekas PO Haryanto HR 009 yang melayani rute atau trayek Madura-Jakarta.

Soal rincian harga yang dibayar Mas Wahid, antara lain mesin dengan spare part baru Rp 150juta, rangka dan body bus Rp 450 juta, biaya rombak body bus dan perbaikan interior Rp 220 juta.

Di awal memulai bisnis bus pariwisata, Mas Wahid sempat mengalami kurang percayanya konsumen dengan kondisi bus pariwisatanya.

Namun Mas Wahid bisa meyakinkan konsumennya, bahwa bus pariwisata miliknya sudah mengalami perbaikan dan layak jalan.

Dalam kurun waktu 2 tahun, bus pariwisata milik Mas Wahid terus bertambah. Dan saat ini Mas Wahid sudah memiliki 10 bus yang siap jalan. Bahkan sempat ada rumor dalam waktu dekat dirinya akan menambah 1 unit bus lagi.

Bus pariwisata milik Mas Wahid yang saat ini memakai nama Bus Pesona, beroperasional di bawah bendera Pesona Transport Service Semarang.

Dalam menjalankan operasionalnya, Mas Wahid juga melakukan kerja sama dengan berbagai operator bus lainnya. Salah satunya terlibat dalam menyediakan layanan bus mudik dan balik pada Lebaran 2022.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut