get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Ini Solusi Kamera Jatuh Ke Air Pas Traveling

Minggu, 01 Mei 2022 | 17:27 WIB
header img
Foto : Instagram Angela Boatwright

DEPOK, iNewsDepok.id – Ketika traveling kadang ada kejadian yang tidak terduga dan membuat pusing. Salah satu contohnya, kamera yang dibawa saat traveling jatuh ke dalam air.

Tidak perlu panik dan pusing, langkah langkah berikut ini bisa dilakukan ketika menghadapi situasi tersebut.

Langkah pertama yang harus dilakukan jika kamera jatuh ke dalam air adalah segera cabut atau lepas baterai kamera. Langkah ini untuk menghentikan aliran listrik antar perangkat elektronik di dalam kamera.

Selain itu untuk menghindari terjadinya konslet pada kamera, karena air mampu menghantarkan aliran listrik.

Berikutnya lepas memory card pada kamera. Segera bersihkan dan keringkan, agar bagian elemen pada memory card tidak rusak.

Jika kamera yang jatuh jenis DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau kamera yang lensanya bisa dilepas tukar, segera lepas bagian lensanya. Dengan melepas lensa, bisa terlihat jika ada kotoran yang masuk ke dalam kamera.

Apabila kamera terjatuh ke dalam air laut, segera bilas kamera dengan air tawar. Air laut yang mengandung garam, mampu menyebabkan korosi dalam waktu yang sangat singkat.

Rendam ke dalam air tawar, angkat dan dikibas kibaskan kamera. Langkah ini untuk membuat air laut hilang dari dalam kamera.

Setelah itu keringkan kamera dengan menggunakan lap halus dan hairdryer. Hairdryer sangat berguna untuk mengeringkan bagian kamera yang tidak terjangkau dengan lap halus.

Langkah berikutnya rendam kamera dan lensa ke dalam beras. Beras memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban dengan baik. Bisa juga menggunakan siliga gel, tapi harus membutuhkan dalam jumlah yang banyak.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut