get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Raup Cuan Dari Jualan Foto Online

Senin, 25 April 2022 | 17:48 WIB
header img
(Foto : Istimewa)

DEPOK, iNewsDepok.id – Jika suka memotret, jangan biarkan fotonya hanya diunggah di media sosial dan cuma tersimpan di memory atau harddisk.

Daripada cuma tersimpan dan bikin penuh memory atau harddisk, foto tersebut bisa menghasilkan cuan dengan dijual secara online.

Salah satu situs jualan foto online adalah Shutterstock. Banyak jenis foto yang bisa dijual di Shutterstock, mulai foto makanan, peristiwa, benda di sekitar, pemandangan dan yang lain.

Semua jenis kamera digital bisa dipakai memotret untuk keperluan jualan foto di Shutterstock. Bahkan kamera ponsel pun juga bisa.

Yang penting diperhatikan dalam menjual foto di Shutterstock adalah kualitas foto. Kualitas foto harus normal tidak gelap (under exposure), tidak terlalu terang (over exposure) dan fokus.

Dalam menjual foto di Shutterstock, terbagi dalam 2 katagori, yaitu katagori foto komersial dan katagori foto editorial.

Untuk foto katagori komersial, di dalam foto harus tidak ada logo atau merek suatu produk. Jika menampilkan model, harus mencantumkan surat persetujuan dari model tersebut yang menyatakan bahwa foto tersebut bisa dipakai untuk keperluan komersial atau iklan.

Sementara untuk katagori editorial, syaratnya lebih sederhana. Foto boleh menampilkan logo produk dan tidak perlu surat persetujuan jika ada orang yang tampil di dalam foto. Foto yang masuk katagori editorial biasanya dibeli untuk keperluan berita atau ilustrasi berita.

Saat ini banyak media online dan agency iklan yang memanfaatkan situs foto online untuk mencari foto yang sesuai dengan kebutuhannya.

Selain shutterstock, ada beberapa situs online yang bisa dijadikan tempat untuk menjual foto, antara lain dreamstime, istockphoto.com, EyeEm, Getty Image dan masih banyak lagi.

Untuk honor hasil jualan foto di shutterstock, akan ditransfer jika sudah mencapai minimal 35 US Dollar. Angka tersebut bisa diubah menjadi lebih besar sesuai keinginan penjual atau kontributor.

Hasil penjualan oleh pihak situs online akan ditransfer ke rekening kontributor melalui jaringan penyedia jasa transfer uang melalui surat elektronik, salah satunya Paypal.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut