get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Tingkatkan Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Depok Gelar Rakor Tim Pora

Rabu, 23 Maret 2022 | 15:46 WIB
header img
Fahrul Novry Azman, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok saat membuka Rakor Tim Pengawasan Orang Asing di Kota Depok, Rabu (23/3/2022) Foto: M Mahfud/iNews Depok.

DEPOK, iNews.id –Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Rakor Tim Pora) Kota Depok. Rakor ditujukan untuk meningkatkan sinergi antar instansi untuk mengingkatkan pengawasan orang asing.

Rakor Tim Pora berlangsung di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (23/3/2022). Rekor bertema: “Sinergitas dan Kolaborasi Tim Pora dalam rangka Optimalisasi Pengawasan Orang Asing di Kota Depok”.

Rakor dihadiri Heru Tjondro, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Barat. Sementara pejabat dari Kota Depok hadir Kepala Satpol PP Lienda Ratna Nurdianny, Kasi Intel Kejari Depok Andi Rio Rahmatu, dan sejumlah pejabat dari Kodim 0508 Depok, Polrestro Depok, dan Badan Narkotika Nasional Kota Depok.

Fahrul Novry Azman, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok dalam sambutannya menyatakan permasalahan yang melibatkan orang asing, utamanya tindak pidana keimigrasian, semakin kompleks dan bervariasi. 
“Misalnya tidak memberikan keterangan yang benar mengenai identitas diri, tidak melaporkan setiap perubahan status sipil, kewarganegaraan, pekerjaan, penjamin atau perubahan alamatnya hingga melakukan penyalahgunaan izin tinggal dan terlibat dalam tindak pidana perdagangan orang,” kata Fahrul.

Fahrul menegaskan orang asing yang masuk di wilayah Depok harus memberikan manfaat dan tidak membahayakan keamanan serta ketertiban umum. Hal tersebut diatur dalam UU No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Depok sendiri memiliki Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) yang anggotanya terdiri dari berbagai instansi di tingkat Kota Depok hingga tingkat RT dan RW. 

“Sinergitas dan kolaborasi antarinstansi sangatlah penting dalam pengawasan Orang Asing di wilayah kota Depok. Kami berharap semoga koordinasi dan pertukaran data antaranggota Tim PORA Kota Depok semakin baik, solid dan akurat dalam menjaga keamanan dan ketertiban kota Depok,” cetus Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok.


Sejumlah pejabat dari berbagai instansi Kota Depok dalam Rapat Tim Pora yang diselenggarakan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok (Foto: M Mahfud/iNews Depok)

Fahrul menyatakan capaian penegakan hukum keimigrasian, baik tindakan administratif keimigrasian maupun pro-justisia, di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok adalah hasil koordinasi dan kolaborasi antarinstansi yang baik.
 
“Komunikasi dan pertukaran data serta informasi yang baik merupakan perwujudan terjalinnya sinergi dan koloaborasi antaranggota Tim Pora,” kata Fahrul. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut