get app
inews
Aa Read Next : Talkshow Konten Kreatif Berbasis Budaya Lokal Sukses Digelar di FRP Ternate

Kemenkominfo Ajak Anak Muda di Maluku-Papua Pahami Tip dan Trik Jaga Keamanan Privasi secara Digital

Jum'at, 20 September 2024 | 09:12 WIB
header img
Workshop Daring Makin Cakap Digital episode 41 digelar pada Kamis, 19 September 2024 pukul 10.00-12.00 WIT. Foto: Ist

Kemenkominfo mendedikasikan webinar daring yang memberikan banyak manfaat ini kepada masyarakat Indonesia, dimana Digifriends (sebutan bagi peserta webinar literasi digital) dapat mengikutinya secara gratis. Digifriends hanya perlu untuk melakukan registrasi terlebih dahulu melalui link yang sudah diberikan. Setelah registrasi, DigiFriends akan mendapatkan link zoom dan password melalui email yang sudah didaftarkan untuk mengikuti webinar daring.

Webinar episode 41 yang sekaligus menjadi episode penutup di tahun ini dikemas apik oleh Patria Prathama selaku moderator dengan menghadirkan tiga narasumber yang kompeten di bidangnya, antara lain; Descha Muchtar selaku Founder BITSY Community & Digital Marketing Consultant membawakan pilar Keamanan Digital, Yulia Dian CK seorang Social Media Specialist & Writer yang berbicara dari sudut pandang Etika Digital, dan ada Sondang Pratama seorang Sutradara sekaligus KOL yang membawakan pilar Etika Digital.


Webinar episode 41 yang sekaligus menjadi episode penutup di tahun ini dikemas apik oleh Patria Prathama selaku moderator. Foto: Ist

 

Yulia Dian yang sudah puluhan tahun berkecimpung di bidang menulis di platform digital, mengajak DigiFriends untuk dapat mengutamakan dan memerhatikan keamanan digital.

“Kalian terbilang sangat beruntung terlahir di era digital, dimana semua informasi yang dibutuhkan dapat diakses dengan mudah, sekali klik. Hal inilah yang membuat pentingnya keamanan digital. Dalam menjaga keamanan digital, kita juga harus memerhatikan aspek etika, seperti penggunaan yang bertanggung jawab, perlindungan data pribadi, dan penghormatan pada hak-hak pengguna lainnya,” kata Yulia melalui keterangan tertulis, Kamis (19/09/2024).

Yulia menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana menjaga keamanan digital dan menjaga privasi digital di era modern ini. DigiFriends dapat melakukan beberapa hal di antaranya menggunakan kata sandi yang kuat, update secara berkala perangkat lunak dan aplikasi yang digunakan di smartphone, perhatikan berita yang beredar jangan sampai kena phishing, selalu gunakan koneksi internet yang aman, pertimbangkan keamanan perangkat tambahan yang terpercaya, selalu batasi dan hindari pembagian informasi pribadi, gunakan keamanan multi-faktor, gunakan perangkat keamanan digital, dan selalu update informasi tentang pendidikan keamanan digital.

DigiFriends Maluku-Papua, jangan sampai ketinggalan mengikuti workshop daring yang rutin diadakan Kemenkominfo hingga menjelang akhir tahun 2024 nanti. DigiFriends dapat mengakses informasi tentang jadwal, pendaftaran, dan registrasi workshop daring Literasi Digital Segmen Pendidikan Maluku-Papua di media sosial instagram @newsjubi dan @tribunsorong.

Dan untuk jadi yang pertama tahu tentang informasi penting seputar Makin Cakap Digital 2024, Digifriends bisa follow media sosial (medsos) Literasi Digital Kominfo melalui akun instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fanpage: Literasi Digital Kominfo, youtube: Literasi Digital Kominfo, dan website literasidigital.id.

Bersama kita ciptakan Indonesia #MakinCakapDigital!

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut