get app
inews
Aa Read Next : Talkshow Konten Kreatif Berbasis Budaya Lokal Sukses Digelar di FRP Ternate

Kemenkominfo Ajak Anak Muda di Maluku-Papua Pahami Tip dan Trik Jaga Keamanan Privasi secara Digital

Jum'at, 20 September 2024 | 09:12 WIB
header img
Workshop Daring Makin Cakap Digital episode 41 digelar pada Kamis, 19 September 2024 pukul 10.00-12.00 WIT. Foto: Ist

AMBON, iNews Depok.id - Kegiatan Workshop Daring Makin Cakap Digital telah memasuki tahun keempat. Episode 41 yang digelar pada Kamis, 19 September 2024 pukul 10.00-12.00 WIT menjadi episode terakhir di tahun ini. 

Dengan diikuti antusias oleh SMP Al Hijrah, SMP Al Wathan, SD Al Wathan, dan SD Negeri 87 yang mengadakan nonton bareng di aula sekolah masing-masing, kali ini mengusung tema ‘Tips dan Trik Menjaga Keamanan Privasi Secara Digital’.

Pelaksanaan event ini selama 4 tahun terakhir sudah menampakkan hasil yang signifikan terutama bagi Papua Barat dengan indeks 3,62 yang menduduki peringkat keempat teratas setelah Yogyakarta, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur, berdasarkan hasil survei.literasidigital.id.

Untuk ke depannya diharapkan Maluku dan Papua yang kini berada di indeks 3,5 akan menyusul. Ini membuktikan bahwa kegiatan Makin Cakap Digital memberikan dampak nyata bagi adaptasi masyarakat Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi membuka webinar, menyapa DigiFriends dan menyampaikan tujuan diadakannya workshop daring Makin Cakap Digital 2024 Episode 41 ini.

“Pengguna internet di Indonesia naik secara signifikan di setiap tahun. Tahun ini Indonesia mendapatkan indeks 3.59 dari 5 untuk tingkat literasi digital dengan kata lain memasuki tahap sedang. Angka ini meningkat dari tahun lalu yang berada di indeks 3.54. Dengan adanya kegiatan Makin Cakap Digital 2024 ini diharapkan dapat mendongkrak indeks di tahun mendatang supaya semakin baik lagi dan indeks keseluruhan masyarakat Indonesia naik di mata dunia,” ujar Budi.

Digifriends adalah generasi muda harapan bangsa, perlu untuk memerhatikan baik-baik informasi apa yang didapatkan maupun yang disebarkan. Tidak semua perilaku dan bahasa yang disampaikan pengguna sosial media itu bisa ditiru. Tentu kematangan diri dalam mengolah informasi ini akan menjadi modal utama dalam pengembangan diri dan membaur di dunia digital.

Diteruskan dengan sambutan oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika, Hokky Sitongkir yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh Digifriends atas antusiasnya mengikuti Workshop Literasi Digital dengan empat pilar untuk daerah Maluku-Papua dan sekitarnya. Tak lupa beliau menyampaikan harapannya tentang workshop daring tersebut.

“Penggunaan internet tidak dapat dihindari dewasa ini, terutama media sosial (medsos) yang sudah menjadi media komunikasi yang bisa diakses kapan saja dan memberikan kemudahan sekaligus tantangan tersendiri. Internet dengan segala tantangan dan manfaatnya akan semakin mewarnai kehidupan kita di masa mendatang, karenanya kita tidak boleh meninggalkan apa yang sudah kita pelajari melalui workshop daring Makin Cakap Digital 2024,” ucap Hokky.

Kemenkominfo mendedikasikan webinar daring yang memberikan banyak manfaat ini kepada masyarakat Indonesia, dimana Digifriends (sebutan bagi peserta webinar literasi digital) dapat mengikutinya secara gratis. Digifriends hanya perlu untuk melakukan registrasi terlebih dahulu melalui link yang sudah diberikan. Setelah registrasi, DigiFriends akan mendapatkan link zoom dan password melalui email yang sudah didaftarkan untuk mengikuti webinar daring.

Webinar episode 41 yang sekaligus menjadi episode penutup di tahun ini dikemas apik oleh Patria Prathama selaku moderator dengan menghadirkan tiga narasumber yang kompeten di bidangnya, antara lain; Descha Muchtar selaku Founder BITSY Community & Digital Marketing Consultant membawakan pilar Keamanan Digital, Yulia Dian CK seorang Social Media Specialist & Writer yang berbicara dari sudut pandang Etika Digital, dan ada Sondang Pratama seorang Sutradara sekaligus KOL yang membawakan pilar Etika Digital.


Webinar episode 41 yang sekaligus menjadi episode penutup di tahun ini dikemas apik oleh Patria Prathama selaku moderator. Foto: Ist

 

Yulia Dian yang sudah puluhan tahun berkecimpung di bidang menulis di platform digital, mengajak DigiFriends untuk dapat mengutamakan dan memerhatikan keamanan digital.

“Kalian terbilang sangat beruntung terlahir di era digital, dimana semua informasi yang dibutuhkan dapat diakses dengan mudah, sekali klik. Hal inilah yang membuat pentingnya keamanan digital. Dalam menjaga keamanan digital, kita juga harus memerhatikan aspek etika, seperti penggunaan yang bertanggung jawab, perlindungan data pribadi, dan penghormatan pada hak-hak pengguna lainnya,” kata Yulia melalui keterangan tertulis, Kamis (19/09/2024).

Yulia menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana menjaga keamanan digital dan menjaga privasi digital di era modern ini. DigiFriends dapat melakukan beberapa hal di antaranya menggunakan kata sandi yang kuat, update secara berkala perangkat lunak dan aplikasi yang digunakan di smartphone, perhatikan berita yang beredar jangan sampai kena phishing, selalu gunakan koneksi internet yang aman, pertimbangkan keamanan perangkat tambahan yang terpercaya, selalu batasi dan hindari pembagian informasi pribadi, gunakan keamanan multi-faktor, gunakan perangkat keamanan digital, dan selalu update informasi tentang pendidikan keamanan digital.

DigiFriends Maluku-Papua, jangan sampai ketinggalan mengikuti workshop daring yang rutin diadakan Kemenkominfo hingga menjelang akhir tahun 2024 nanti. DigiFriends dapat mengakses informasi tentang jadwal, pendaftaran, dan registrasi workshop daring Literasi Digital Segmen Pendidikan Maluku-Papua di media sosial instagram @newsjubi dan @tribunsorong.

Dan untuk jadi yang pertama tahu tentang informasi penting seputar Makin Cakap Digital 2024, Digifriends bisa follow media sosial (medsos) Literasi Digital Kominfo melalui akun instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fanpage: Literasi Digital Kominfo, youtube: Literasi Digital Kominfo, dan website literasidigital.id.

Bersama kita ciptakan Indonesia #MakinCakapDigital!

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut