get app
inews
Aa Read Next : Investasi Lebih Untung karena Bebas Biaya, Eastspring Investments dan Maybank Tambah Fitur Baru DSC

39% Anak Muda Menabung untuk Gaya Hidup, OCBC Berikan Tips Gaya Hidup FUN, Finansial FIT

Minggu, 18 Agustus 2024 | 23:14 WIB
header img
Ki-ka: Guff Perdana, MC/Content Creator; Uki Diqie Sulaiman, Singer & Songwriter; Thana Ajeng Purishita, Singer & Songwriter; Inggit Primadevi; dan Amir Widjaya. Foto: Novi

JAKARTA, iNews Depok.idOCBC Financial Fitness Index (FFI) 2024 kembali dirilis, mengukur kesehatan finansial masyarakat Indonesia. Studi yang telah berlangsung selama 4 tahun berturut-turut ini melibatkan 5 kota besar di Indonesia dengan responden berusia 25-35 tahun yang memiliki pekerjaan tetap. Hasilnya? Skor rata-rata Indonesia menunjukkan peningkatan yang stabil, namun masih terdapat ruang untuk perbaikan.

Berdasarkan data terbaru FFI 2024, 39% anak muda punya tujuan utama menabung untuk kebutuhan lifestyle. Hal ini menunjukkan generasi muda saat ini fokus pada kesenangan jangka pendek. Berdasarkan temuan ini, OCBC terinspirasi untuk mengajak generasi muda untuk menikmati hidup (FUN) sekaligus mengelola keuangan dengan tepat melalui layanan perbankan yang mudah diakses dan dipahami, serta mendorong kedisiplinan finansial dalam jangka panjang.

Di tahun ini, untuk keempat kalinya, OCBC meluncurkan Financial Fitness Index (FFI) 2024. Skor finansial fitness Indonesia pada tahun 2024 berhasil stabil pada angka 41.25, menandakan bahwa masyarakat Indonesia telah berhasil mempertahankan hasil skor finansialnya.

Adapun kenaikan signifikan terlihat dari 25% generasi muda memiliki dana darurat (naik dari 17%), sebuah kemajuan yang patut di apresiasi. Hal ini bisa menjadi indikator adanya perubahan sikap dan mindset, terutama di kalangan muda yang tetap ingin menikmati hidup.

Amir Widjaya, Executive Director Marketing & Lifestyle Business OCBC mengatakan, “Financial Fitness Index (FFI) mempunyai tujuan utama yakni mendorong kebugaran finansial yang menyenangkan (FUNanciallyFIT) untuk semua tanpa terkecuali, dimana hasil riset tahun ini menunjukkan peningkatan kesehatan finansial di rentang penghasilan 5-15 juta serta kesadaran akan dana darurat. Ini merupakan pencapaian yang patut di apresiasi bagi generasi muda, dimana sisi lain merekapun harus paham memanfaatkan produk perbankan untuk keputusan finansial yang cerdas. Dengan informasi yang tepat, inklusi produk perbankan, dan pengelolaan keuangan yang baik, mereka bisa menjadi smart spender dan smart saver. Hasil akhirnya, kesehatan finansial bisa tetap FIT dengan lifestyle yang FUN, serta menciptakan keseimbangan antara kesenangan saat ini dan kesejahteraan finansial jangka panjang.”

Diperkuat dengan ekosistem yang terus memperkaya pengetahuan akan sehat secara finansial, OCBC menyediakan berbagai solusi seperti Kelas Ruang Menyala dan Nyala Coach untuk pembelajaran finansial lewat sesi beragam. Fitur terbaru melalui Financial Fitness Check Up versi lite, memudahkan semua orang untuk mengecek kondisi keuangan pribadi di aplikasi OCBC Mobile.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut