get app
inews
Aa Read Next : Duel Sengit Belanda dan Prancis Berakhir Imbang di Euro 2024

Perang Rusia-Ukraina, Petenis Dayana Yastremska Melarikan Diri ke Prancis

Minggu, 27 Februari 2022 | 08:16 WIB
header img
Dayana Yastremska. Foto: Sindonews


Mengapa Menyerang Ukraina?

Para ahli percaya Putin melakukan ini untuk tujuan memaksa perubahan di Ukraina. Rusia, ingin kepemimpinan Ukraina diganti menjadi pro Moskow.

"Berdasarkan pidato Putin ... Rusia melancarkan serangan besar di seluruh Ukraina dan bertujuan untuk menggulingkan pemerintah Kyiv melalui cara militer," kata Direktur Penelitian makro global di Eurasia Group, Henry Rome, seperti dikutip CNBC International.

"Meskipun Putin mengklaim sebaliknya, kemungkinan ini akan mencakup pendudukan beberapa wilayah oleh pasukan Rusia."

Dalam sebuah essai panjang yang dimuat pada Juli 2021, Putin sempat menyebut Rusia dan Ukraina adalah "satu orang".

"Barat telah merusak Ukraina dan menariknya keluar dari orbit Rusia melalui perubahan identitas yang dipaksakan," tulis media tentang tulisan Putin itu.

Dalam pertemuan dengan media di Jakarta pekan lalu, seorang pejabat senior Kedutaan Besar AS mengatakan pelanggaran terang-terangan Rusia terhadap hukum internasional menjadi tantangan langsung terhadap tatanan berbasis aturan internasional. Ukraina sendiri merupakan anggota PBB, yang artinya negara merdeka dan berdaulat.

"Jika Rusia diizinkan untuk membatasi kedaulatan Ukraina dengan mendikte aliansi Ukraina dan pilihan kebijakan luar negeri, dengan memerasnya dan melanggar integritas teritorialnya, itu dapat memberanikan orang lain yang ingin memperluas klaim teritorial ilegal termasuk di Laut China Selatan (LCS)," katanya.

Ia menegaskan, dengan merusak prinsip-prinsip tatanan berbasis aturan internasional, Rusia telah melemahkan fondasi kerja sama internasional dan apa yang dilakukan Rusia itu dapat mengancam perdamaian dan stabilitas di benua Eropa.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut