get app
inews
Aa Read Next : Akun Toxic dan Hoaks Mengintai, SMPN 13 Depok Siapkan Pelajar Bermedia Sosial Bijak

Contoh dan Tema Materi yang Bisa jadi Pilihan saat MPLS SD, SMP dan SMA Dimulai

Selasa, 23 Juli 2024 | 08:44 WIB
header img
Murid SDN Margasana, Kecamatan Pagelaran, mengikuti hari pertama sekolah tahun ajaran baru 2024/2025 pada Senin (15/7/2024) dengan ditemani orang tua mereka. Foto : iNews/Iskandar Nasution

JAKARTA, iNewsDepok.id – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk jenjang SD, SMP, dan SMA pada tahun ajaran baru telah dimulai. Berikut adalah beberapa contoh dan tema materi MPLS yang dapat menjadi pilihan.

MPLS adalah rangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa dan siswi baru pada awal masuk sekolah. Tema MPLS sebaiknya mendidik dan sesuai dengan materi yang telah ditentukan oleh dinas pendidikan di setiap daerah.

Program MPLS bertujuan agar para siswa dan siswi dapat lebih mengenal lingkungan sekolah baru sehingga mereka bisa lebih mudah beradaptasi sebelum memulai kegiatan pembelajaran.

Menurut buku "Inovasi Pembelajaran Digital dalam Kurikulum Merdeka" oleh Pontjowulan H.I.A, MPLS juga berperan penting dalam membentuk karakter siswa. Oleh karena itu, sekolah perlu memilih tema MPLS yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut.

Berikut tema MPLS yang dapat menjadi pilihan dirangkum dari berbagai sumber:

1.Materi Kepramukaan

Kepramukaan bertujuan membentuk pramuka yang beriman, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, dan menjadi warga negara yang setia pada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Materi ini diharapkan dapat membentuk karakter unggul, berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara, serta memiliki kecakapan hidup, sehat rohani dan jasmani.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut