get app
inews
Aa Read Next : Akun Toxic dan Hoaks Mengintai, SMPN 13 Depok Siapkan Pelajar Bermedia Sosial Bijak

Contoh dan Tema Materi yang Bisa jadi Pilihan saat MPLS SD, SMP dan SMA Dimulai

Selasa, 23 Juli 2024 | 08:44 WIB
header img
Murid SDN Margasana, Kecamatan Pagelaran, mengikuti hari pertama sekolah tahun ajaran baru 2024/2025 pada Senin (15/7/2024) dengan ditemani orang tua mereka. Foto : iNews/Iskandar Nasution

2.Materi Wawasan Wiyata Mandala

Materi ini mengajarkan sikap menghargai dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah sebagai tempat belajar. 

"Wawasan" berarti sikap mendalam terhadap hakikat atau esensi, "Wiyata" berarti pendidikan, dan "Mandala" berarti lingkungan. 

Sekolah berfungsi sebagai tempat belajar dengan sejumlah aturan untuk mencapai tujuan pendidikan. Prinsip Wiyata Mandala ini tidak hanya bertumpu pada masyarakat sekitar, tetapi juga untuk mencegah konflik dan menjadi teladan bagi lingkungan.

3.Materi Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Kesadaran berbangsa dan bernegara adalah sikap yang tumbuh dari kemauan diri sendiri untuk bertindak demi kebaikan negara. Ini penting dalam membangun karakter patriotisme, nasionalisme, dan kecintaan pada Tanah Air.

4.Materi Cara Belajar Efektif

Materi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam, meningkatkan ketekunan, dan mengembangkan kecerdasan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Materi ini berisi tips belajar yang efektif, seperti membuat catatan intisari, belajar kelompok, disiplin dalam belajar, aktif bertanya dan menjawab.

Itulah contoh dan tema materi MPLS lengkap untuk jenjang SD, SMP, dan SMA yang dapat menjadi pilihan di tahun ajaran baru ini.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut