get app
inews
Aa Read Next : Komika Aulia Rakhman Tersandung Hukum saat Kampanye Anies Baswedan di Lampung 

Lakukan Amalan-amalan Ini Saat Malam 27 Rajab

Kamis, 24 Februari 2022 | 10:34 WIB
header img
Isra Miraj. Foto: bersamaislamcom

DEPOK, iNews.id - Pada tanggal 27 Rajab menjadi peristiwa penting bagi umat Islam yaitu Isra Miraj Nabi Muhammad Saw. Karena itu, bulan Rajab menjadi salah satu bulan yang dimuliakan Allah Swt.

Isra Miraj merupakan perjalanan satu malam Nabi Muhammad Saw yang bersama Malaikat Jibril, dari Masjidil Haram Mekkah menuju Masjidil Aqsa, Yerusalem. Selanjutnya naik ke Sidratul Muntaha atau langit ketujuh untuk mendapatkan perintah shalat lima waktu oleh Allah Swt.

BACA JUGA:

Catat Ini Tanggal Libur Isra Miraj Tahun 2022

Isra Miraj Nabi Muhammad Saw terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-12 kenabiannya atau 8 bulan sebelumnya berhijrah ke Madinah.

Oleh karena itu, banyak keutamaan bila umat Islam menjalankan amalan-amalan yang mendatangkan pahala dan berkah dari Allah Swt di malam 27 Rajab, yang bertepatan dengan 27 Rajab 1443 Hijriah atau 28 Februari 2022.

BACA JUGA:

Ini Rahasia Isra Mi’raj

Berikut amalan-amalan pada malam 27 Rajab:

  1. Memperbanyak membaca Istighfar.

Membaca istighfar dapat memberikan ketenangan bagi siapa saja yang membacanya dengan tulus di dalam hati. Memperbanyak istighfar pada bulan Rajab bisa mendapatkan pengampunan dosa dari Allah Swt, karena itu dianjurkan membaca istighfar pada saat pagi dan sore hari, atau selepas shalat.

  1. Membaca Doa.

Dianjurkan umat Islam membaca doa berikut ini pada malam 27 Rajab:

“Allahumma baarik lanaa fii rojaba wa sya'ban wa ballighna ramadhana”

Artinya: "Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikan kami pada bulan Ramadhan."

Selain itu, dianjurkan untuk memperbanyak doa yang dapat dibaca pada siang maupun malam hari.

"Allahumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru."

Artinya: Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesungguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati.

  1. Berpuasa Rajab.

Berpuasa Rajab bisa mendatangkan pahala puasa sebulan penuh, dijauhkan dari neraka dan dibukakan pintu surga oleh Allah SWT. Umat muslim dapat melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis maupun puasa selama 3 hari berturut-turut di bulan Rajab.

  1. Memperbanyak Zikir 

Dzikir menjadi salah satu bentuk rasa syukur dan pujian terhadap kebesaran Allah SWT serta memuliakan Nabi Muhammad SAW. Adapun bacaan dzikir yang dapat dibaca pada saat peringatan Isra Miraj sebagai berikut:

“Laa haula walaa quwwata illa billah”

Artinya: "Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah."

5. Memperbanyak melaksanakan shalat sunnah

Shalat sunnah menjadi amalan yang dapat mendatangkan pahala dan berkah dari Allah SWT terlebih pada bulan Rajab. Sholat sunnah dapat dikerjakan setelah shalat maghrib maupun shalat isya.

6. Memperbanyak membaca Al-Quran

Dalam menyambut peringatan Isra Miraj yang penuh berkah, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak bacaan Al-Quran seperti yang telah tercantum dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang berbunyi sebagai berikut:

“Utlu maaa uuhiya ilaika mional Kitaabi wa aqimis Salaata innas Salaata tanhaa 'anil fahshaaa'i wal munkar; wa lazikrul laahi akbar; wallahu ya'lamu maa tasna'uun”

Artinya: "Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya, shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Ankabut: 45).

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut