get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

PIK Resmi Masuk PSN dan Berpotensi Menciptakan 10 Juta Lapangan Kerja

Selasa, 11 Juni 2024 | 21:12 WIB
header img
Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK). Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap menyerap tenaga kerja baru usai Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 resmi masuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

PSN adalah proyek-proyek infrastruktur Indonesia yang strategis dengan mengutamakan penggunaan komponen dalam negeri dan dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan serta pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Melansir dari unggahan akun Instagram @kemenparekraf.ri, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap Kawasan PIK 2 ini dapat menjadi destinasi strategis untuk menarik kunjungan wisatawan.

Pemerintah telah menetapkan 14 Proyek Strategis Nasional (PSN) tahun 2024, salah satunya yaitu Pantai Indah Kapuk (PIK) 2.

PIK akan memiliki proyek pengembangan Green Area dan Eco-City (Tropical Coastland) seluas 1.756 hektare, serta Kawasan Wisata Mangrove yang merupakan mekanisme pengamanan pesisir secara alami.

PIK 2 akan berorientasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berbasis belanja, konser, hingga kesehatan.

"PIK ini telah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional dan diproyeksikan dapat menarik 20 juta pengunjung dan berpotensi menciptakan 10 juta lapangan kerja," ujar Sandiaga Uno.

Sementara itu 13 PSN lainnya adalah Pengembangan Kawasan Industri Wirajaja Pulau Galang, Proyek North Hub Development Project Lepas Pantai Kalimantan Timur, Pengembangan Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial Estate Sulawesi Tengah, Kawasan Industri Patimban Industrial Estate Subang, Pengembangan Kawasan Industri Giga Industrial Park, Sulawesi Tenggara, Pengembangan Kawasan Industri Kolaka Resource, Sulawesi Tenggara, Pengembangan Kawasan Industri Stargate Astra, Sulawesi Tenggara, Pengembangan Kawasan Pesisir Surabaya Waterfront, Pengembangan Kawasan Neo Energy Morowali, Sulawesi Tengah, Pengembangan Kawasan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD), Pengembangan Kawasan Industri Toapaya Bintan, Riau, Pengembangan Jalan Tol di Section Harbour Road II Jakarta Utara, dan Pengembangan Jalan Tol Dalam Kota Bandung.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut