get app
inews
Aa Read Next : Begini Proses Pengambilan Sumpah Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijners Untuk Perkuat Timnas

Dituntut Profesional, Ini Loh Cara Kerja Penerjemah Tersumpah

Jum'at, 07 Juni 2024 | 13:47 WIB
header img
51 orang penerjemah tersumpah telah diambil sumpahnya di Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan. Foto: Ist

"Legalitas hasil terjemahan dari penerjemahan tersumpah sebagai suatu hal yang fundamental dalam proses kerja sama antar-negara," kata Cahyo.

Dia menjelaskan penerjemah tersumpah adalah orang yang mempunyai keahlian dalam menghasilkan terjemahan dan telah diangkat sumpah oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia serta terdaftar pada kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia.

"Saya berpandangan, profesi ini adalah profesi yang terhormat dan sangat menjanjikan. Oleh karena itu, saya berharap agar Saudara-saudara dapat menjalankan tugas secara profesional, jujur dan amanah," jelasnya.

Dia meminta, penerjemah tersumpah bersikap profesional, mandiri dan memiliki kompetensi yang handal di bidang penerjemahan mampu bekerja sama dengan baik dan menjaga kode etik sebagai seorang penerjemah tersumpah.

"Hasil terjemahan penerjemah tersumpah bersifat legal dan menjadi bukti yang harus diakui kebenarannya kecuali dibuktikan sebaliknya, maka seorang penerjemah tersumpah harus menjaga profesinya secara profesional," pungkasnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut