get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Hari Keluarga International 2024 Usung tema "Keluarga dan Perubahan Iklim", Begini Sejarahnya!

Kamis, 16 Mei 2024 | 09:34 WIB
header img
Tanggal 15 Mei diperingati sebagai Hari Keluarga Internasional atau International Day of Family. Foto : ist

DEPOK, iNews Depok.id - Setiap tanggal 15 Mei seluruh dunia memperingati Hari Keluarga Internasional atau International Day of Family. Hari ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu yang berkaitan dengan keluarga dan untuk meningkatkan pengetahuan tentang proses sosial, ekonomi dan demografi yang mempengaruhi keluarga.

Pada tahun 2024 ini, Hari Keluarga Internasional mengusung tema "Keluarga dan Perubahan Iklim". Pemilihan tema ini dikarenakan perubahan iklim berdampak negatif terhadap kesehatan dan kesejahteraan keluarga melalui peningkatan polusi, sementara kejadian cuaca ekstrem yang diperburuk oleh perubahan iklim, seperti angin topan, kekeringan dan banjir, sering kali menyebabkan pengungsian paksa dan hilangnya mata pencaharian bagi keluarga dan individu. 

Hari Keluarga Internasional ini pertama kali diperingati pada tahun 1993. Sekitar tahun 1980-an, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mulai memusatkan perhatian pada isu-isu yang berkaitan dengan keluarga. 

Pada tahun 1983, berdasarkan rekomendasi Dewan Ekonomi dan Sosial, Komisi Pembangunan Sosial dalam resolusinya tentang peran keluarga dalam proses pembangunan meminta Sekretaris Jenderal untuk meningkatkan kesadaran di antara para pengambil keputusan dan masyarakat tentang masalah dan kebutuhan keluarga, serta cara efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Berdasarkan rekomendasi Komisi Pembangunan Sosial yang dirumuskan dalam sidangnya yang ke-30, Majelis mengundang semua negara untuk menyampaikan pandangan mereka mengenai kemungkinan proklamasi tahun keluarga internasional dan memberikan komentar dan usulan mereka.

Dewan juga meminta Sekretaris Jenderal untuk menyerahkan kepada Majelis Umum pada sesi keempat puluh tiga sebuah laporan komprehensif, berdasarkan komentar dan usulan Negara-negara Anggota mengenai kemungkinan proklamasi tahun tersebut dan cara-cara serta sarana lain untuk memperbaiki posisi tersebut.

Pada tahun 1993, Majelis Umum memutuskan melalui resolusi (A/RES/47/237) bahwa tanggal 15 Mei setiap tahun harus diperingati sebagai Hari Keluarga Internasional. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut