get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Seekor Bayi Orang Utan Kalimantan Lahir di Kebun Binatang Busch Gardens Tampa Bay Amerika Serikat

Kamis, 16 Mei 2024 | 09:45 WIB
header img
Seekor bayi orang utan Kalimantan lahir di Kebun Binatang Busch Gardens Tampa Bay, Florida, Amerika Serikat pada Sabtu (13/4/2024). Foto : Ist

DEPOK, iNews Depok.id - Seekor bayi orang utan Kalimantan lahir di Kebun Binatang Busch Gardens Tampa Bay, Florida, Amerika Serikat.

Bayi orang utan tersebut berjenis kelamin betina dan dilahirkan melalui operasi caesar pada hari Sabtu (13/4/2024) dengan berat tiga pon lebih empat ons atau 1,3 kilogram.

Induk dari bayi orang utan tersebut bernama Luna. Persalinan Luna dipimpin oleh tim profesional medis dan zoologi dari berbagai organisasi.

Orang utan adalah kera besar yang paling arboreal karena mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon. Orang utan jantan dewasa memiliki berat sekitar 75 kilogram, sedangkan betina mencapai sekitar 37 kilogram. 

Selain itu orang utan adalah kera besar yang paling soliter, ikatan sosialnya terbatas dan terutama terbentuk antara induk dan anaknya yang bergantung padanya. Buah-buahan merupakan komponen makanan orang utan yang paling penting, tetapi mereka juga dapat memakan dedaunan, kulit kayu, madu, serangga, dan telur burung. 

Saat ini, International Union for Conservation of Nature (UCN) memasukkan orang utan Kalimantan ke dalam spesies terancam punah. Menurut WWF, populasi orang utan Kalimantan saat ini diperkirakan berjumlah sekitar 104.700 ekor.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut