get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Kota Depok yang Tertib dan Bersih, Wali Kota Soft Launching Kolong Flyover ARH

Empat Situ di Kota Depok Bakal Dihidupkan Kembali

Jum'at, 18 Februari 2022 | 07:40 WIB
header img
Taman Lembah Gurame. Foto: direktoripariwisata.id

DEPOK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menghidupkan kembali empat situ yang masih memiliki potensi demi pemenuhan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Keempat situ tersebut adalah Situ Pasir Putih, Situ Krukut (SMPN 13), Lembah Gurame dan Saung Telaga.

Hal ini juga didesak oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (Kemen ATR) sebagai syarat untuk mendapatkan persetujuan substansi menteri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri mengungkapkan akan mendiskusikan terkait rencana tersebut bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

BACA JUGA:

Underpass Dewi Sartika Dikebut Pengerjaan Selama 10 Bulan, Desember 2022 Ditargetkan Selesai

Menurutnya, RTRW harus sejalan dengan aturan yang berlaku dari Kementerian ATR, yaitu sekitar 10 persen dari luasan Kota Depok.

"Ini jadi PR kami dengan DPRD, kami akan diskusi. RTRW harus sejalan, satu-satunya cara adalah dengan menghidupkan situ yang masih berpotensi," ujarnya, Kamis (17/02/22).

Supian mengatakan, saat ini Lembah Gurame dan Situ Krukut tidak masalah karena itu masih aset Pemkot.

“Tinggal nanti kami intervensi program pelebaran luas mata air yang masih ada dilokasi sekitar, itu kami selamatkan. Untuk SMPN 13, akan kami relokasi," ungkapnya.

BACA JUGA:

Mengunjungi 5 Situ yang Terkenal di Kota Depok

Sementara untuk Situ Pasir Putih dan Saung Telaga Sawangan, Supian mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan tanah tersebut sudah memiliki sertifikat atau belum. Jika belum, maka akan menjadi kendala.

"Kalaupun sudah (sertifikat), apakah mau tanah tersebut kami beli. Ini terkait administrasi, kami butuh dukungan DPRD juga untuk anggaran. Butuh arahan dan saran juga dari aparatur penegak hukum. Ini program yang harus kita lakukan ke depan," ujarnya.

Meski demikian, kata Supian, tidak ada target dalam waktu dekat terkait empat situ ini.

Hal tersebut dilihat dari komitmen Pemkot Depok untuk menindaklanjuti syarat yang diajukan Kementerian ATR.

"Ini lebih kepada komitmen Pemkot Depok untuk kembalikan situ yang masih ada dalam catatan mereka (Kementerian ATR), namun eksisting-nya di lapangan sudah tidak terlihat. Intinya mata air ini jangan sampai hilang, untuk warisan anak cucu nanti," paparnya. 

Sebagai informasi, Depok memiliki 23 situ berukuran besar dan kecil. Namun, hanya beberapa situ yang dijadikan taman rekreasi keluarga karena memiliki spot terbaik yan bisa dinikmati secara gratis.

Beberapa situ yang terkenal di Kota Depok seperti Situ Tujuh Muara, Situ Jatijajar, Situ Rawa Kalong, Situ/Danau UI, Situ Cilodong dan Situ Rawa Besar.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut