get app
inews
Aa Read Next : Di Depan Mata Satgas SDA DPUPR Depok, Limbah Pabrik Hitam Mengalir Cemari Situ Bahar

Mengunjungi 5 Situ yang Terkenal di Kota Depok

Kamis, 23 Desember 2021 | 11:43 WIB
header img
Situ Rawa Besar Depok, Foto: Istimewa

DEPOK, iNews.id - Di masa pandemi ini, ada baiknya bila warga Depok tidak perlu bepergian jauh untuk berwisata. Kita bisa mengeksplorasi wisata-wisata yang ada di Kota Depok, Jawa Barat.

Salah satu destinasi wisata yang menarik di Depok adalah situ. Depok memiliki sekitar 23 situ besar dan kecil. Beberapa situ yang terkenal di Kota Depok seperti Situ Tujuh Muara, Situ Jatijajar, Situ Rawa Kalong, Situ/Danau UI, Situ Cilodong, dan Situ Rawa Besar.

Berikut wisata-wisata situ di Kota Depok

  1. Situ Tujuh Muara

Situ Tujuh Muara adalah situ terbesar di Kota Depok, yang terletak di Kecamatan Sawangan dan Bojongsari. Lokasinya berada di belakang Perumahan Sawangan Golf dan Golf Sawangan.

Situ seluas 18 hektar ini merupakan salah satu daerah resapan atau kantong air. Situ Tujuh Muara seringkali dijadikan areal memancing.

  1. Danau UI


Danau Kenanga UI terletak di antara Balairung, Masjid UI dan Perpustakaan UI. Foto: wikimedia

Universitas Indonesia memiliki enam danau, yang diberi nama Kenanga, Agathis, Mahoni, Puspa, Ulin, dan Salam, yang bisa digabungkan huruf depannya membentuk kata ‘Kampus.’

Danau yang paling terkenal adalah Danau Kenanga, yang berada di dekat Balairung UI, Masjid UI dan Perpustakaan UI. Danau buatan ini memiliki luas 28.000 meter persegi.

Di pinggiran danau ini kita bisa menikmati semilirnya angin sejuk sembari duduk di bangku-bangku pinggir danau, maupun berolahraga di jalan setapak pinggiran danau.

Menariknya di pinggiran danau terdapat dermaga dengan perahu bersandar. Dermaga ini berada di dekat Balairung. Selain itu, ada jembatan kayu dengan perahu di ujungnya dari Perpustakaan UI.

  1. Situ Cilodong

Situ Cilodong terletak di Jalan Raya Abdul Gani, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Di danau ini terdapat berbagai wahana bermain seperti waterball dan perahu bebek, serta area memancing.

Di pinggir-pinggir danau terdapat beragam jajanan rakyat, seperti Cilok, Mie Ayam Gerobak, Gorengan, Bakso Bakar, dan lain-lain.

  1. Situ Rawa Besar

Situ Rawa Besar atau seringkali disebut Situ Lio bisa dikunjungi dari jalan masuk Jalan Kembang Lio, Pancoran Mas, Depok maupun masuk dari Jalan Teratai, Jalan Anyelir, atau Jalan Wijaya Kusuma Raya menuju Jalan Pakis, Perumnas Depok I, Kelurahan Depok Jaya.

Lokasinya tidak jauh dari Jalan Arif Rahman Hakim, Depok. Dari Balai Kota, lokasinya hanya berjarak setengah kilometer.

Di Situ Rawa Besar pengunjung bisa duduk santai di pinggir situ sembari menikmati semilir angin, terutama di sore hari. Pengunjung bisa berfoto di tempat-tempat Instagrammable yang disediakan, di tempat yang bertuliskan Situ Rawa Besar atau I Love Depok.

Pengujung juga bisa berfoto di jembatan kayu, bila pengunjung datang ke situ dari pinggiran Perumnas Depok 1. Di situ seluas 13 hektar ini pengunjung bisa memancing ikan.

Selain itu, untuk menyeberang dari pinggiran situ di Kampung Lio hingga pinggiran situ di Perumnas Depok 1, pengunjung bisa naik perahu yang dikelola masyarakat. Saat ini, Situ Rawa Besar sudah dipercantik dengan adanya taman, jogging track dan lain-lain.

  1. Situ Jatijajar

Situ Jatijajar diberi nama tersebut, karena dulunya dikelilingi oleh deretan pohon jati yang asri. Di kawasan ini pengunjung bisa memancing dan naik perahu bebek. Pengunjung bisa merasakan ketentraman saat shalat di Mushola Al-Karomah yang sudah berdiri sejak zaman Belanda.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut