get app
inews
Aa Read Next : Lebakjero, Stasiun Tertinggi Aktif Kedua di Indonesia Dengan Keindahannya Yang Diapit 2 Gunung

Lonjakan Libur Long Weekend: 125 Ribu Orang Mudik, KAI Tambah Armada Kereta Api"

Jum'at, 10 Mei 2024 | 17:52 WIB
header img
Foto: @budikaryas

JAKARTA - iNewsDepok.id - Pada hari Kamis (9/5), PT KAI Daop 1 Jakarta Stasiun Pasar Senen Jakarta menjadi saksi dari lonjakan jumlah penumpang kereta api jarak jauh.

Menurut Ixfan Hendriwintoko, Manajer Hubungan Masyarakat Daerah Operasi 1 Jakarta, lebih dari 125 ribu tiket telah terpesan untuk tanggal keberangkatan antara 8 hingga 12 Mei 2024.

"Berdasarkan data pemesanan tiket jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada hari Kamis, 9 Mei 2024, dimana total terdapat sekitar 35.664 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta," kata Ixfan.

Dia mengatakan, jumlah penumpang pada momen libur meningkat 2 kali lipat dari pada hari biasa.

"Jumlah penumpang berangkat pada momen libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari 2 kali lipat, jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa," ujarnya.

Jumlah total tiket yang terpesan, sebanyak 17.419 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 12.748 penumpang dari Stasiun Gambir, sementara sisanya lebih dari 5 ribu penumpang lainnya berangkat dari Stasiun Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, Cikampek, dan Jakarta Kota.

Oleh karena itu, untuk mengakomodasi permintaan penumpang kereta api selama masa libur panjang ini, KAI Daop 1 Jakarta telah menambah beberapa perjalanan kereta tambahan mulai tanggal 8 Mei 2024. Di antaranya termasuk Argo Cheribon yang melayani rute Gambir - Cirebon PP, Argo Parahyangan yang melayani rute Gambir - Bandung PP, kereta tambahan Taksaka yang melayani rute Gambir - Yogyakarta PP, dan Manahan yang melayani rute Gambir - Yogyakarta PP.

Ixfan menyebut, akan meningkatkan jumlah perjalanan KAI untuk pelayanan kepada pelanggan. 

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend pekan ini,” ujarnya.

Dengan semangat liburan yang tinggi dan kerja sama antara KAI dan para penumpang, diharapkan bahwa perjalanan selama masa libur panjang ini akan berjalan dengan lancar.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut