get app
inews
Aa Read Next : Nabung Dapat Tiket, OCBC Kembali Hadirkan Konser Musik Internasional 'Premium Music Experience 2024'

Klasik Namun Seru! Konser Musikal Keren Kolaborasi Kemendikbudristek, Titimangsa, dan SMM Yogyakarta

Kamis, 25 April 2024 | 19:42 WIB
header img
Kemendikbudristek, Titimangsa, dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta) hadirkan karya monumental, pementasan konser musikal bertajuk "Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai". Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id – Setelah mengalami patah hati dan meninggalkan kehidupan di Jakarta, Larasati kembali ke Yogyakarta, dimana dia bertemu kembali dengan sejumlah orang dari masa lalunya.

Agung, kakak kelasnya yang masih bimbang menentukan pilihan hidup; Raka, adik kelas yang mengaguminya; serta Rena, sepupunya yang penuh semangat mengejar impiannya. 

Interaksi Larasati dengan orang-orang tersebut, membawanya pada refleksi mendalam tentang cinta, mimpi, dan masa depan yang lebih baik.

Itulah sepenggal cerita yang ditampilkan dalam konser musikal keren bertajuk "Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai" pada Kamis, 25 April 2024 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Merayakan Hari Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta) menghadirkan sebuah karya monumental, pementasan konser musikal bertajuk "Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai" 

Konser ini merupakan salah satu implementasi program Merdeka Belajar yang bertujuan untuk mengekspresikan karya melalui pembelajaran yang relevan dan menyenangkan. 

Selain penampilan dari para siswa dan guru SMM Yogyakarta, juga menampilkan seniman ternama Tanah Air yang berkolaborasi bersama.

“SMKN 2 Kasihan adalah contoh unik dari pendidikan yang menggabungkan nilai kesenimanan dengan keterampilan teknis di mana para murid juga dipersiapkan untuk berkancah di dunia industri musik. Kami menyambut baik dan mendukung penuh pertunjukan musikal Memeluk Mimpi-Mimpi sebagai hasil kolaborasi antara SMKN 2 Kasihan dengan Titimangsa. Melalui pertunjukan ini, adik-adik murid SMKN 2 Kasihan memperoleh pengalaman langsung mengenai proses penggarapan sebuah pertunjukan musikal, mulai dari kerja artistik sampai kerja manajemen yang dilakukan secara profesional. Saya berharap kolaborasi antara SMKN 2 Kasihan dengan Titimangsa menjadi awal mula bagi lebih banyak kolaborasi harmonis yang tercipta antara pendidikan vokasi yang berfokus pada seni dan budaya,” ungkap Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Direktur Film, Musik, dan Media Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Ahmad Mahendra mengaku awalnya ia dihubungi oleh Menteri Nadiem yang mengirimkan video orkestra klasik para siswa yang begitu luar biasa. “Beliau minta agar dibuat seperti orkestra-orkestra di Luar Negeri seperti di Prancis misalnya,” ujar Ahmad Mahendra. “Saya usulkan mbak Happy Salma untuk menggarapnya karena Kemendikbudristek sudah beberapa kali kerja sama dengan beliau dan cocok,” tandas Mahendra.

“Ketika gagasan awal muncul dari pelopor program Merdeka Belajar beserta tim Kemendikbudristek, saya berpikir bagaimana memberikan ruang istimewa untuk jiwa-jiwa muda yang bebas mencintai dirinya, memiliki bakat, pengetahuan yang holistik itu, agar bisa dekat dengan keseharian. Saya sebagai pribadi yang juga turut larut dalam kebebasan program Merdeka Belajar, merasa bersyukur diberi kesempatan melaksanakan konser musikal ini menjadi kenyataan,” ujar Happy Salma sebagai Produser sekaligus Direktur Kreatif Pertunjukan saat konferensi pers pada Rabu, 24 April 2024 di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Konser musikal ini menghadirkan lagu-lagu klasik yang menjadi kekuatan utama dari SMM Yogyakarta. Lagu-lagu tersebut ditafsir ulang dan dibangun narasi cerita yang mengelilinginya. Selain penampilan dari para siswa dan guru dari SMM Yogyakarta, di konser musikal ini juga tampil seniman ternama Tanah Air yang berkolaborasi bersama dengan membawakan lagu klasik andalan. 

Menampilkan beberapa pemain yaitu aktor Indonesia Danu Kusuma, Sherina Munaf, Nyoman Paul, Mawar De Jongh dan untuk narator Happy Salma dan Ario Bayu, serta menampilkan bintang tamu Isyana Sarasvati dan Heny Janawati. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut