get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Hukum Melaksanakan Sholat Tarawih 2 Sesi

Itikaf Malam Ganjil 23 Nanti Malam Berburu Lailatul Qadar, Hafalkan Doa Ini  

Selasa, 02 April 2024 | 08:29 WIB
header img
Malam Lailatul Qadar, malam yang lebih mulia dari seribu bulan, merupakan momen istimewa yang dinanti-nanti umat Islam di bulan Ramadhan bagi yang itikaf di masjid. Foto: Dok

DEPOK. iNewsDepok.id - Malam Lailatul Qadar, malam yang lebih mulia dari seribu bulan, merupakan momen istimewa yang dinanti-nanti umat Islam di bulan Ramadhan bagi yang itikaf di masjid. Di malam nanti doa-doa dikabulkan dan pahala dilipatgandakan.

Ustaz Dr. Firanda Andirja, MA, menyampaikan bahwa pada malam Lailatul Qadar, dianjurkan untuk membaca doa khusus. Doa ini merupakan amalan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada Aisyah RA, seperti diriwayatkan dalam sebuah hadits:

"Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, 'Jika saja aku mengetahui suatu malam adalah malam Lailatul Qadar, doa apa yang harus aku baca?' Nabi SAW menjawab:

قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850)

Ustaz Firanda Andirja, MA, dalam Kelas UFA beberapa waktu lalu mengajak umat Islam untuk menghidupkan malam-malam terakhir Ramadhan. Hal ini penting karena di antara malam-malam tersebut terdapat Lailatul Qadar, malam yang lebih mulia dari seribu bulan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut