get app
inews
Aa Read Next : 440 Koper Calon Jemaah Haji Kota Depok Mulai Dikirim ke Embarkasi Kota Bekasi

Tak Gentar Kendala, Panwascam di Depok Berjibaku Demi Pungut Hitung Sukses dan Akurat

Kamis, 07 Maret 2024 | 21:11 WIB
header img
Ketua Panwascam Pancoran Mas Depok, Sugeng Pribadi (tengah) saat pers reales di kantor Panwascam Pancoran Mas, Depok. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Hujan deras yang mengguyur Depok pada hari pencoblosan, 14 Februari 2024, tak menyurutkan semangat masyarakat untuk memilih pemimpin mereka. Di tengah guyuran air, para pemilih tetap antusias mendatangi TPS untuk menyalurkan hak suaranya.

Namun, hujan deras tak pelak membawa dampak pada proses pemungutan dan penghitungan suara (pungut hitung) di beberapa TPS. Panwascam Pancoran Mas mencatat, sejumlah TPS mengalami kebocoran, sehingga pembukaan TPS tertunda. Di Kelurahan Depok, misalnya, pembukaan yang dijadwalkan pukul 07.00 WIB harus diundur hingga pukul 08.00 WIB.

Tak hanya itu, hujan juga mengakibatkan tertundanya penghitungan suara di beberapa TPS di Kelurahan Depok dan Rangkapan Jaya Baru. Hal ini terjadi karena mati lampu yang berlangsung selama beberapa jam.

Di tengah situasi yang penuh tantangan ini, Panwascam Pancoran Mas menunjukkan sigapnya dalam mengatasi berbagai kendala. Ketika kekurangan surat suara presiden terjadi di TPS 69 Kelurahan Depok Jaya, Panwascam dengan cepat berkoordinasi dengan PPS kelurahan untuk memindahkan surat suara dari TPS terdekat.

"Kami melakukan penelusuran dan berkoordinasi dengan PPS kelurahan Depok, dan pihak PPS mengupayakan pemenuhan surat suara tersebut dengan memindahkan surat suara dari TPS terdekat," kata Ketua Panwascam Pancoran Mas, Sugeng Pribadi, dalam pers realese di kantor Panwascam Pancoran Mas, Depok, Kamis (7/4/2024).

Tak hanya itu, Panwascam juga sigap menangani gangguan kesehatan yang dialami oleh Pengawas TPS 26 Kelurahan Depok Jaya pada jam 03.00 WIB. Pengawas tersebut mengalami kelelahan dan harus dibawa pulang ke rumahnya.

Meskipun diwarnai berbagai kendala, Panwascam Pancoran Mas berhasil memastikan pelaksanaan pungut hitung di wilayahnya berjalan lancar dan kondusif.

"Kami terus melakukan pengawasan melekat terhadap seluruh tahapan Pemilu 2024 di Pancoran Mas," tegas Sugeng.

Sigapnya Panwascam Pancoran Mas dalam mengatasi berbagai kendala menjadi bukti nyata komitmen mereka dalam menjaga demokrasi. Di tengah cuaca buruk dan berbagai hambatan, Panwascam memastikan hak pilih masyarakat terpenuhi dan proses pemilu berjalan dengan lancar.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut