get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Hukum Melaksanakan Sholat Tarawih 2 Sesi

Pasang Jimat Gunting dan Peniti Pada Ibu Hamil? Ini Pandangan Medis dan Hukum Islam

Rabu, 06 Maret 2024 | 09:07 WIB
header img
Penggunaan gunting, peniti dan bangle masih dipercaya masyarakat Indonesia sebagai penolak bala pada ibu yang sedang hamil. Foto: iNews Depok/Tama

Menurut kepercayaan masyarakat, bangle dapat mengusir makhluk halus jahat karena memiliki rasa dan aroma yang tidak enak bagi mahluk halus.

Menurut dr. Karunia Ramadhan dari Klikdokter, sebenarnya rempah bangle atau Zingiber casumounar merupakan tanaman obat yang memiliki banyak khasiat, seperti menghilangkan sakit kepala dan nyeri tubuh, obat untuk pasien dengan gangguan fungsi hati, gangguan pencernaan, serta berkhasiat untuk melangsingkan tubuh.

Jika dikonsumsi, tentu saja tanaman ini memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun demikian, di Indonesia tumbuhan ini justru jarang dikonsumsi, tetapi justru digunakan oleh sebagian masyarakat untuk menghilangkan gangguan gaib.

"Melekatkan benda-benda tersebut pada pakaian ibu dan bayi tidak memiliki efek sama sekali. Pasalnya, benda-benda tersebut tidak menimbulkan pengaruh pada status kesehatan ibu hamil, janin ataupun bayi," kata dr. Karunia Ramadhan, seperti dikutip pada Rabu (6/3/2024).

Selain itu, Karunia menambahkan, penggunaan peniti dan gunting pada ibu hamil dinilai juga cukup membahayakan, khususnya untuk aktivitas ibu hamil. Dikhawatirkan penggunaan itu bisa melukai ibu yang menggunakan alat tersebut.

Sementara itu dalam pandangan Islam, penggunaan gunting atau peniti pada ibu hamil dilarang, karena itu bagian dari kepercayaan kepada jimat.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut