get app
inews
Aa Read Next : Lonjakan Libur Long Weekend: 125 Ribu Orang Mudik, KAI Tambah Armada Kereta Api"

Daftar Lokomotif Berat di Indonesia, Saking Beratnya Ada Yang Hanya Beroperasi di Sumatera

Selasa, 20 Februari 2024 | 12:12 WIB
header img
Daftar lokomotif berbobot berat di Indonesia. Foto: iNews Depok/Tama

7. Lokomotif CC205


Lokomotif CC 205. Foto: X/Adetia_Lesmana

Lokomotif CC205 adalah lokomotif milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) buatan Electro-Motive Diesel dan Progress Rail dari Amerika Serikat.

Lokomotif CC 205 adalah lokomotif terberat kedua di Indonesia, dengan berat 108 ton. Lokomotif ini dibeli untuk menggantikan beberapa tugas Lokomotif CC202 yang sudah terbilang cukup tua dan dalam hal tenaga, 2 lokomotif CC202 bisa diganti dengan 1 lokomotif CC205 saja. Di kalangan railfans, lokomotif ini memiliki nama panggilan 'Gajah Sumatera'.

Lokomotif ini tiba di Indonesia, tepatnya di Lampung tanggal 26 September 2011, karena lokomotif ini hanya dikhususkan untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batu bara (Babaranjang) di KAI Divisi Regional III Palembang dan KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang.

Lokomotif CC205 merupakan salah satu lokomotif berteknologi modern di Indonesia. Saat ini ada total semula 91 unit lokomotif CC205 yang beroperasi menjadi 87 unit lokomotif (4 lokomotif di nyatakan apkir/mati muda).

Bahkan, baru-baru ini PT KAI membeli 54 lokomotif produksi Amerika Serikat (AS). Hal ini ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja sama pengadaan lokomotif antara KAI dengan Progress Rail (Anak Perusahaan Caterpillar) yang berasal dari negara Paman Sam tersebut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut