Lokomotif CC 202 19, membawa rangkaian gerbong batu bara. Foto: dok. KAI
Lokomotif CC202 adalah lokomotif diesel elektrik buatan Kanada. Perusahaan yang membuatnya adalah Electro-Motive Diesel, Inc. dengan nomor seri EMD G26MC-2U.
Lokomotif dengan nama sebutan 'Badak Sumatera' ini menjadi lokomotif terberat pertama yang hadir di Indonesia. Berat lokomotif CC202 adalah 108 ton (106 ton panjang; 119 ton pendek). Lokomotif CC 202 dipakai di Indonesia dengan susunan gandar Co'Co'. Karena berat lokomotif ini yang mencapai 108 ton, lokomotif CC202 hanya beroperasi di Pulau Sumatera, dan tidak beroperasi di Pulau Jawa.
Jumlah susunan gandar pada lokomotif CC202 adalah enam. Bogie yang digunakan berjenis traksi tinggi tipe-C. Sedangkan mesin Roots blower/ Supercharger EMD 16-645E. Mesinnya dapat bekerja dengan tenaga sebesar 1.680 kW (2.250 hp).
Lokomotif CC202 digunakan sebagai penarik kereta api pembawa batu bara. Pengangkutan batu bara dengan lokomotif CC202 hanya dilakukan di Sumatera Selatan. Namun tidak jarang CC202 juga bertugas membawa kereta penumpang. Lokomotif CC202 sangat mirip dengan lokomotif EMD SD38-2 di Amerika Serikat.
Desain lokomotif CC202 dikembangkan sebagai lokomotif CC205. Lokomotif CC202 dimiliki oleh KAI.
Editor : M Mahfud