get app
inews
Aa Read Next : Lonjakan Libur Long Weekend: 125 Ribu Orang Mudik, KAI Tambah Armada Kereta Api"

Daftar Lokomotif Berat di Indonesia, Saking Beratnya Ada Yang Hanya Beroperasi di Sumatera

Selasa, 20 Februari 2024 | 12:12 WIB
header img
Daftar lokomotif berbobot berat di Indonesia. Foto: iNews Depok/Tama

5. Lokomotif CC203


Lokomotif CC 203 di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta. Foto: iNews Depok/Tama

Lokomotif CC203 adalah lokomotif diesel elektrik yang diproduksi oleh General Electric Transportation dengan model U20C. Lokomotif CC 203 merupakan hasil pengembangan dari Lokomotif CC201 yakni pada kabin masinis ujung pendek yang aerodinamis dan diperlebar. Berat lokomotif ini juga sama dengan lokomotif CC201, yaitu 84 ton.

Terdapat dua operator sekaligus pemilik dari lokomotif ini, yaitu PT KAI dan PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (TEL). Satu unit versi ekspor dari lokomotif ini dahulu dioperasikan oleh ICTSI di Filipina dan kemudian dijual ke Australia.

6. Lokomotif CC204


Lokomotif CC 204 'hidung kotak' di Stasiun Jatinegara. Foto: iNews Depok/Tama

Lokomotif CC204 adalah salah satu lokomotif diesel elektrik yang dimiliki oleh KA, yang mana dirakit oleh PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun, dengan lisensi dari General Electric Transportation.

Lokomotif ini terbagi menjadi dua seri, yaitu lokomotif CC204 seri pertama yang merupakan model GE C18MMi dengan tampilan 'hidung pendek/kotak' (seperti CC201), dan lokomotif CC 204 seri kedua yang merupakan model GE C20EMP dengan 'hidung aerodinamis/miring' (seperti CC 203).

Sama seperti seri CC201, CC 203, lokomotif CC204 berbobot 84 ton (83 ton panjang; 93 ton pendek). Lokomotif ini juga masih beroperasi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut