get app
inews
Aa Read Next : Mengatasi Gatal-Gatal Seluruh Tubuh: Penyebab dan Solusi

Ketiak Gatal Sering Bikin Malu, Ini Solusinya

Sabtu, 10 Februari 2024 | 08:36 WIB
header img
Ilustrasi Ketiak Gatal. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Ketiak gatal adalah kondisi yang dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan malu untuk menggaruknya. Ketiak gatal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari alergi, infeksi, gangguan kulit, hingga kebersihan yang kurang.

Untuk mengatasi ketiak gatal, Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, agar dapat melakukan pengobatan yang tepat. Selain itu, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah untuk meredakan gatal dan mencegah komplikasi. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai cara mengatasi ketiak gatal.

Penyebab Ketiak Gatal

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ketiak gatal:

  1. Dermatitis kontak, yaitu iritasi kulit yang terjadi akibat kontak dengan bahan tertentu, seperti deodoran, sabun, parfum, deterjen, atau pisau cukur. Gejala yang timbul antara lain adalah kemerahan, gatal, dan terbakar pada kulit ketiak.
  2. Folikulitis, yaitu peradangan pada folikel rambut yang terjadi akibat infeksi bakteri, biasanya Staphylococcus aureus. Gejala yang timbul antara lain adalah benjolan merah atau merah muda di sekitar rambut, yang bisa sangat gatal dan/atau nyeri.
  3. Ruam panas, yaitu ruam yang terjadi akibat saluran keringat yang tersumbat oleh keringat, sel kulit mati, atau bakteri. Gejala yang timbul antara lain adalah bentol, benjolan, dan lepuh yang gatal pada kulit ketiak.
  4. Infeksi jamur, yaitu infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida, yang dapat tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembap, seperti ketiak. Gejala yang timbul antara lain adalah bercak merah cerah dengan benjolan merah kecil di sekitarnya, yang sangat gatal dan mungkin berbau tidak sedap.
  5. Rambut tumbuh ke dalam, yaitu kondisi di mana rambut di ketiak tumbuh kembali ke dalam kulit, sehingga menimbulkan reaksi inflamasi. Gejala yang timbul antara lain adalah benjolan merah atau merah muda di sekitar rambut, yang bisa sangat gatal dan/atau nyeri.
  6. Psoriasis, yaitu penyakit autoimun yang menyebabkan kulit mengalami peradangan dan pembentukan sisik. Gejala yang timbul antara lain adalah penebalan kulit berwarna kemerahan dengan sisik berwarna putih bersih yang mudah mengelupas, yang bisa sangat gatal dan/atau nyeri.
  7. Intertrigo, yaitu peradangan pada lipatan kulit yang disebabkan oleh gesekan, kelembapan, atau infeksi. Gejala yang timbul antara lain adalah ruam merah, gatal, dan basah pada kulit ketiak.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut