get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

9 Penyebab Wajah Gatal, Kenali Apa yang Diungkapkan Tubuh tentang Kondisi Kesehatan

Senin, 17 Juli 2023 | 13:01 WIB
header img
Simak penjelasan mengenai 9 penyebab wajah gatal. Foto ilustrasi: Garnier

DEPOK, iNewsDepok.id - Simak penjelasan mengenai 9 penyebab wajah gatal.  Wajah gatal tak bisa dianggap sepele, kenali apa yang diungkapkan tubuh tentang kondisi kesehatan yang dialami.

Wajah gatal biasanya menjadi tanda kulit kering atau iritasi, tetapi juga bisa menjadi tanda kondisi medis yang dialami. Rasa gatal di wajah memang mengganggu, apalagi ketika rasa gatal semakin instens dan tidak mereda.

Brendan Camp, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat dengan MDCS Dermatology di New York City, Amerika Serikat, mengatakan ada sejumlah penyebab gatal pada wajah. Salah satunya kulit kering, dermatitis kontak, dermatitis seboroik, dan eksim, tetapi bukan hanya itu penyebabnya.

Lantas apa saja penyebab wajah gatal? Berikut ini penjelasan 9 penyebab wajah gatal sekaligus cara mengatasinya, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Livestrong pada Senin (17/7/2023):

9 Penyebab Wajah Gatal

  1. Kulit kering

Kekeringan membuat kulit kasar, kencang atau terkelupas, serta menyebabkan wajah gatal tanpa ruam. Menurut Klinik Cleveland, kulit kering dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi wajah lebih rentan mengalami kekeringan dan gatal saat cuaca dingin atau kering, terutama bila menghabiskan waktu lama di luar.

Untuk mengatasi kulit kering dan gatal, lakukan beberapa penyesuaian pada rutinitas perawatan kulit. Memperbaiki kulit kering dengan menggunakan pembersih lembut dan pelembab yang mengandung ceramide, menjadi perawatan yang memadai.

Tapi perlu diingat terlalu banyak membersihkan dapat membuat kulit kering, sehingga cuci muka sehari sekali. Pelembab dapat digunakan beberapa kali sehari, misalnya pagi hari, setelah mandi dan sebelum tidur.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut