get app
inews
Aa Read Next : Ketiak Gatal Sering Bikin Malu, Ini Solusinya

Kenali 4 Penyebab Seseorang Sering Terserang Batuk dan Pilek

Minggu, 15 Januari 2023 | 10:53 WIB
header img
Kenali 4 Penyebab Seseorang Sering Terserang Batuk dan Pilek. Foto ilustrasi: Freepik/benzoix

DEPOK, iNewsDepok.id - Daya tahan tubuh yang menurun di saat cuaca ekstrem hujan badai disertai angin menyebabkan seseorang mudah terserang batuk dan pilek. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun sering terkena penyakit batuk dan pilek ini.

Seringkali batuk dan pilek hanya dianggap sebagai penyakit ringan. Namun, jika diabaikan penyakit ini bisa tak kunjung sembuh dan akhirnya akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Setelah menginfeksi, virus penyebab batuk dan pilek biasanya membutuhkan waktu hingga tiga hari sebelum mulai menyerang dan menunjukkan gejala.

Lantas apa saja penyebab seseorang sering terkena penyakit batuk dan pilek? Berikut penjelasan mengapa seseorang mudah terkena penyakit batuk dan pilek, seperti dirangkum pada Minggu (15/1/2023):

  1. Alergi

Rinitis alergi adalah salah satu alasan utama di balik pilek, mata berair. Jadi, jika itu adalah tempat tertentu di mana seseorang jatuh sakit atau pada waktu tertentu, seseorang tersebut mungkin mengalami alergi.

Hal tersebut bisa menjadi akut dan kronis. Jadi, cobalah dan kenali penyebabnya. Uap dan menjaga diri tetap terhidrasi dapat membantu meringankan gejala.

  1. Genetik

Jika salah satu dari orang tua rentan terhadap alergi, ada kemungkinan kita juga menderita alergi. Oleh karena itu, tetap periksa saat batuk dan pilek, dan cari bantuan dari dokter.

  1. Sistem imun tubuh lemah

Flu dan pilek musiman sering kali ada hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh. Jika terus terserang pilek dan batuk setiap kali musim berubah, cobalah membuat perubahan kecil dalam gaya hidup.

Tambahkan penguat kekebalan, seperti jahe dan madu, dan cobalah untuk menjauh dari makanan dingin setiap kali cuaca berfluktuasi.

  1. Flu musiman

Flu musiman dan virus biasa terjadi. Karena musim dingin baru saja tiba, ada kemungkinan seseorang menderita salah satu dari ini.

Tidak mengenakan pakaian hangat, makan tidak sehat, tidak menjaga kebersihan, dan menjauhi sayuran hijau semuanya bisa menjadi kemungkinan alasan di balik tertular flu musiman dan virus.

Jika seseorang cenderung tetap menderita batuk dan pilek sepanjang tahun, Sebaiknya mempertimbangkan untuk mendapatkan suntikan flu setelah berkonsultasi dengan dokter. Ini mungkin membantu menyelamatkan seseorang dari ketidaknyamanan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut