get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

Cara Hilangkan Bekas Luka Membandel Secara Permanen

Jum'at, 09 Februari 2024 | 13:15 WIB
header img
Ilustrasi Menghilangkan Bekas Luka. Foto: Istimewa

2. Pijat dengan Minyak Esensial

Minyak esensial, seperti lavender, tea tree, atau minyak kelapa, dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan regenerasi sel kulit. Dengan begitu, proses penyembuhan luka dapat berjalan lebih cepat dan bekas luka dapat memudar. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak esensial ke area bekas luka, lalu memijatnya secara lembut selama 10 menit. Lakukan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Gunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Menurut sebuah penelitian, lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan senyawa glukomanan dalam lidah buaya yang mampu meningkatkan produksi kolagen di area bekas luka. Selain itu, senyawa aloin dan aloesin dalam lidah buaya yang bersifat antiradang dan antioksidan juga akan menyamarkan bekas luka yang menghitam. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Anda dapat mengulangi cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Hindari Paparan Matahari Berlebihan

Paparan matahari berlebihan dapat memicu peningkatan produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Jika kulit yang sedang dalam proses penyembuhan terkena sinar matahari, maka melanin akan terbentuk lebih banyak di area tersebut, sehingga bekas luka akan menjadi lebih gelap. Oleh karena itu, Anda harus menghindari paparan matahari berlebihan, terutama pada jam-jam tertentu, seperti pukul 10.00-16.00. Jika harus keluar rumah, gunakan tabir surya, topi, atau payung untuk melindungi kulit Anda.

5. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh pada kesehatan kulit Anda. Untuk menghilangkan bekas luka secara permanen, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, terutama vitamin C, vitamin E, dan protein. Vitamin C dan E dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sedangkan protein dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Beberapa contoh makanan yang baik untuk kulit Anda adalah buah-buahan, sayuran, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut