get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

Cara Hilangkan Bekas Luka Membandel Secara Permanen

Jum'at, 09 Februari 2024 | 13:15 WIB
header img
Ilustrasi Menghilangkan Bekas Luka. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Bekas luka membandel adalah salah satu masalah kesehatan kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Bekas luka dapat timbul akibat berbagai hal, seperti jerawat, luka terbuka, luka bakar, atau operasi.

Meskipun bekas luka dapat memudar seiring waktu, ada beberapa bekas luka yang membandel dan mengganggu penampilan. Apakah ada cara untuk menghilangkan bekas luka secara permanen?

Menurut dr. Rizal Firdaus, Sp.KK, dokter spesialis kulit dan kelamin, menghilangkan bekas luka secara permanen tidaklah mudah.

"Bekas luka adalah hasil dari proses penyembuhan luka yang melibatkan pembentukan jaringan parut. Jaringan parut ini memiliki struktur dan warna yang berbeda dengan kulit normal, sehingga tampak sebagai bekas luka. Untuk menghilangkan bekas luka secara permanen, diperlukan tindakan medis yang dapat mengangkat atau mengganti jaringan parut tersebut," ujarnya.

Namun, dr. Rizal juga menambahkan bahwa ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi penampilan bekas luka dan mencegahnya semakin parah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda coba:

1. Gunakan Krim atau Salep Pencerah Kulit

Salah satu cara untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam adalah dengan menggunakan krim atau salep yang mengandung bahan-bahan pencerah kulit, seperti vitamin C, retinoid, atau asam kojic. Bahan-bahan ini dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi pada bekas luka. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih produk yang aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, Anda juga harus menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat memperburuk bekas luka.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut