get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

Gluten dan Fungsinya Bagi Tubuh, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Senin, 12 Februari 2024 | 12:30 WIB
header img
Jenis makanan yang mengandung gluten. Foto: Istimewa

Bahaya Gluten bagi Tubuh

Meskipun gluten memiliki manfaat bagi tubuh, gluten juga dapat menyebabkan bahaya bagi sebagian orang, terutama yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti:

  • Penyakit celiac. Penyakit celiac adalah gangguan autoimun yang ditandai dengan reaksi alergi terhadap gluten. Jika orang dengan penyakit celiac mengonsumsi gluten, sistem imun mereka akan menyerang lapisan usus halus, yang dapat menyebabkan kerusakan, peradangan, dan malabsorpsi nutrisi. Gejala penyakit celiac antara lain diare, perut kembung, nyeri perut, mual, muntah, penurunan berat badan, anemia, osteoporosis, dan depresi.
  • Sensitivitas gluten non-celiac. Sensitivitas gluten non-celiac adalah kondisi yang ditandai dengan reaksi intoleransi terhadap gluten, tetapi tanpa adanya kerusakan usus atau peningkatan antibodi. Gejala sensitivitas gluten non-celiac mirip dengan gejala penyakit celiac, tetapi lebih ringan dan tidak berbahaya. Gejala sensitivitas gluten non-celiac antara lain perut kembung, nyeri perut, diare, sembelit, kelelahan, sakit kepala, dan nyeri sendi.
  • Alergi gandum. Alergi gandum adalah reaksi alergi terhadap salah satu atau lebih protein yang terdapat dalam gandum, termasuk gluten. Jika orang dengan alergi gandum mengonsumsi gandum, sistem imun mereka akan melepaskan histamin, yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Gejala alergi gandum antara lain gatal, ruam, bengkak, sesak napas, batuk, bersin, mata merah, mual, muntah, diare, dan syok anafilaksis.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut