get app
inews
Aa Read Next : 7 Tanda Tubuh Kekurangan Kalium yang Perlu Diwaspadai

7 Manfaat Cincau Hijau, Nomor 4 Cegah Osteoporosis

Selasa, 06 Februari 2024 | 15:40 WIB
header img
Cincau hijau. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Cincau hijau adalah minuman yang terbuat dari daun cincau hijau yang secara botani bernama Cyclea barbata L. Miers.

Tanaman rambat ini biasa tumbuh di Asia Tenggara dan digunakan untuk membuat agar-agar seperti jelly yang disebut cincau hijau di Indonesia. Cincau hijau memiliki warna yang lebih terang ketimbang cincau hitam.

Selain memberikan rasa unik, cincau juga dianggap memiliki beberapa manfaat kesehatan, karena merupakan sumber serat dan antioksidan. Nah, apa saja sih manfaat cincau hijau untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan? Berikut adalah beberapa fakta cincau hijau yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Cincau hijau memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan agar tetap bekerja dengan baik. Kandungan senyawa gula dalam minuman ini mampu mengatasi sakit perut. Daun cincau mengandung senyawa alkaloid dengan manfaat vitamin B dan vitamin C. Ini dapat mengatasi diare dengan mengkonsumsinya tiga kali sehari secara rutin.

Selain itu, cincau hijau juga mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Serat dapat membantu membersihkan organ pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit dan mulas. Serat juga dapat membantu meningkatkan penyerapan sari makanan dalam tubuh.

2. Menyeimbangkan gula darah

Cincau hijau dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena cincau mengandung karbohidrat kompleks yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Karbohidrat kompleks dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan menghindari lonjakan gula darah yang tiba-tiba.

Penelitian berjudul Effects of grass jelly on glycemic control: hydrocolloids may inhibit gut carbohydrase, yang terbit dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan, cincau dapat membantu menurunkan indeks glikemik dari makanan yang dikonsumsi bersamaan. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan gula darah. Makanan dengan indeks glikemik rendah dapat mencegah diabetes dan obesitas.

3. Mencegah penyakit malaria

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit dari genus Plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk. Dengan  mengonsumsiair rebusan akar cincau, senyawa alkaloid di dalamnya mampu mencegah gejala malaria. Hal tersebut tertuang dalam studi berjudul Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine yang terbit pada Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Selain itu, cincau hijau juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit kronis. Antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut