get app
inews
Aa Read Next : Ini Upaya Pemkot Depok Atasi Banjir di Kecamatan Cipayung dan Sawangan

Edema: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Kamis, 26 Oktober 2023 | 08:30 WIB
header img
Ilustrasi Edema Pada Kaki. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kesehatan tubuh kita dapat tercermin dari berbagai aspek, termasuk respons tubuh terhadap kondisi yang mungkin tidak sehat. Salah satu tanda kesehatan yang perlu diwaspadai adalah edema. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu edema, penyebabnya, gejala yang mungkin muncul, dan cara mengatasinya.

Edema adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan pada bagian tubuh tertentu akibat penumpukan cairan di dalam jaringan tubuh. Edema dapat terjadi pada satu bagian tubuh saja, seperti kaki, tangan, atau wajah, atau pada seluruh tubuh. Edema dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, berat, atau sakit pada bagian tubuh yang bengkak.

Penyebab Edema

Edema dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

  • Gaya hidup. Beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan edema adalah mengonsumsi makanan yang tinggi garam, duduk atau berdiri terlalu lama, mengenakan pakaian yang terlalu ketat, atau hamil.
  • Obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan edema adalah obat antiinflamasi non steroid (OAINS), obat tekanan darah tinggi, obat diabetes, obat kontrasepsi hormonal, atau kortikosteroid.
  • Penyakit. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan edema adalah gagal jantung, gagal ginjal, gagal hati, sirosis hati, trombosis vena dalam (TVD), sindrom nefrotik, hipotiroidisme, limfedema, atau alergi.

    Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut