get app
inews
Aa Read Next : Telkomsel Kolaborasi dengan bank bjb dan Bank DKI Hadirkan Layanan Paket Hemat Lengkap

Waspada Penipuan Berkedok Jasa Convert Pulsa dan Paylater

Sabtu, 03 Februari 2024 | 11:56 WIB
header img
Masyarakat perlu berhati-hati terhadap jasa konversi pulsa menjadi uang rupiah. Foto: iNews Depok/Tama

DEPOK, iNewsDepok.id - Maraknya praktik mengubah pulsa atau poin paylater (beli sekarang, bayar nanti) menjadi uang atau dikenal dengan istilah konversi pulsa atau convert pulsa, banyak dilakukan masyarakat. Tidak adanya aturan resmi terkait peredaran pulsa dan penggunaannya membuat pulsa atau alat hitung biaya telekomunikasi tersebut menjadi 'mata uang'.

Sebutan sulap pulsa menjadi uang tersebut, menjadi indikasi berbagai kegiatan ilegal di dalam jaringan bisnis online (daring).

Operator telekomunikasi dan paylater sebagai penyedia pulsa atau paylater, juga seperti tutup mata melihat praktik ilegal tersebut. Sementara itu, pemerintah sebagai regulator juga belum membuat aturan memadai terkait pemanfaatan pulsa selain sebagai alat hitung biaya telekomunikasi.

Lemahnya aturan dimanfaatkan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab, yang memanfaatkan lengahnya masyarakat terhadap kebutuhan finansial digital.

Salah satunya yang dialami oleh Anita, warga Yogyakarta yang menceritakan pengalamannya di media sosial, setelah kehilangan uang digital sebanyak Rp1,5 juta. Saat dihubungi iNews Depok, Anita mengaku tertipu oleh oknum jasa konversi pulsa dan paylater yang menawarkan jasanya di media sosial Facebook.

"Kebetulan saya dapat Gopay Coins sebanyak Rp1,5 juta. Poin itu enggak bisa diuangkan harus dimanfaatkan di aplikasi tersebut," kata Anita saat dihubungi, Sabtu (3/2/2024).

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut