get app
inews
Aa Read Next : Telkomsel Kolaborasi dengan bank bjb dan Bank DKI Hadirkan Layanan Paket Hemat Lengkap

Waspada Penipuan Berkedok Jasa Convert Pulsa dan Paylater

Sabtu, 03 Februari 2024 | 11:56 WIB
header img
Masyarakat perlu berhati-hati terhadap jasa konversi pulsa menjadi uang rupiah. Foto: iNews Depok/Tama

DEPOK, iNewsDepok.id - Maraknya praktik mengubah pulsa atau poin paylater (beli sekarang, bayar nanti) menjadi uang atau dikenal dengan istilah konversi pulsa atau convert pulsa, banyak dilakukan masyarakat. Tidak adanya aturan resmi terkait peredaran pulsa dan penggunaannya membuat pulsa atau alat hitung biaya telekomunikasi tersebut menjadi 'mata uang'.

Sebutan sulap pulsa menjadi uang tersebut, menjadi indikasi berbagai kegiatan ilegal di dalam jaringan bisnis online (daring).

Operator telekomunikasi dan paylater sebagai penyedia pulsa atau paylater, juga seperti tutup mata melihat praktik ilegal tersebut. Sementara itu, pemerintah sebagai regulator juga belum membuat aturan memadai terkait pemanfaatan pulsa selain sebagai alat hitung biaya telekomunikasi.

Lemahnya aturan dimanfaatkan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab, yang memanfaatkan lengahnya masyarakat terhadap kebutuhan finansial digital.

Salah satunya yang dialami oleh Anita, warga Yogyakarta yang menceritakan pengalamannya di media sosial, setelah kehilangan uang digital sebanyak Rp1,5 juta. Saat dihubungi iNews Depok, Anita mengaku tertipu oleh oknum jasa konversi pulsa dan paylater yang menawarkan jasanya di media sosial Facebook.

"Kebetulan saya dapat Gopay Coins sebanyak Rp1,5 juta. Poin itu enggak bisa diuangkan harus dimanfaatkan di aplikasi tersebut," kata Anita saat dihubungi, Sabtu (3/2/2024).

Oleh karena itu, Anita mencoba mencari informasi terkait jasa penukaran poin tersebut untuk diubah menjadi nominal uang, hingga akhirnya Anita menemukan seseorang yang mengaku bisa membantu keinginannya tersebut di media sosial Facebook.

"Pas nyari di Facebook, ada akun atas nama 'Alhakim Hidayatullah', yang katanya bisa mengubah Gopay Coins, ke saldo rupiah," kata Anita.

Kepada Anita, pelaku menawarkan poin tersebut hanya bisa cair sebanyak Rp1,4 juta rupiah saja. Setelah setuju, Anita mengirimkan saldo Gopay yang ia miliki ke pelaku. Namun nasib sial menimpa Anita, pelaku langsung memblokir seluruh kontak Anita, termasuk media sosialnya.

"Sudah aku transfer semua Gopay Coins milik saya, tetapi kontak saya diblokir oleh pelaku," imbuhnya.

Anita kembali mencari nama akun pelaku penipuan tersebut, dan ternyata banyak korban yang mengalami peristiwa seperti dialaminya. Ia juga berharap kepada pemerintah dan kepolisian, untuk mengawasi secara ketat aturan transaksi digital.

Tidak hanya Anita, pengguna Facebook lain juga membagikan kisah yg sama. Di salah satu grup Facebook, pemilik akun bernama Fatimatuzzahroh merasa tertipu oleh orang yang mengaku bisa mengonversikan pulsa menjadi mata uang.

"Barusan nipu dengan iming2 jasa convert pulsa rate 86.0 niat baik mau ngonvert pulsa malah ketipu sama akun di atas, bantuin kakak2 yang baik," tulis Fatimatuzzahroh di Grup Facebook 'grup spam', seperti dikutip, Sabtu (3/2/2024).

Fatimatuzzahroh merasa ditipu oleh pemilik akun Facebook yang bernama 'Alhakim Ridea Hidayatullah'. Dirinya mengaku telah mengirimkan pulsa ke nomor telepon melalui WhatsApp dengan nomor 0895-1305-8079. Sama seperti yang dialami Anita sebelumnya, Fatimatuzzahroh akhirnya diblokir pelaku setelah mentransfer pulsa senilai Rp200 ribu ke pelaku.

Dari unggahan Fatimatuzzahroh tersebut, mendapat respon oleh sejumlah warganet yang mengalami kejadian serupa. Rata-rata nominal saldo yang berhasil digondol pelaku mulai dari Rp90 ribu, hingga ratusan ribu rupiah.

"Sama kak aku baru ketipu sama akun bodong diatass," tulis pemilik akun Facebook Jhulius.

"Telat liat post hadeeh, sama baru ketipu," timpal pemilik akun ReyHan.


Korban jasa konversi pulsa yang tertipu oleh pelaku dengan modus bisa mengonversi pulsa menjadi nominal uang. Foto: iNews Depok/Tangkapan Layar 

"Saya ketipu 240k pulsa tsel kak, gila sih ini mainnya blokir wa & grup dia, punya grup fb dia," ujar pemilik akun Pratama Satya.

Lemahnya pengawasan tanpa aturan yang jelas ini, dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk meraup keuntungan dari transaksi digital tersebut.

Meskipun belum ada aturan pemerintah yang mengatur hal tersebut, Tim iNews Depok merangkum lima aplikasi jasa konversi pulsa menjadi nominal uang, yang dinilai lebih aman.

Beberapa aplikasi ini menyediakan layanan konversi pulsa dari berbagai provider atau penyedia layanan telekomunikasi dengan rate atau nilai tukar yang beragam.

Berikut aplikasi konversi pulsa jadi uang yang berhasil dirangkum.

1. ViaPulsa

​​​​

ViaPulsa merupakan salah satu aplikasi konversi pulsa jadi uang yang telah ada sejak tahun 2010. Bahkan, ViaPulsa kini telah menjadi sebuah Perseroan Terbatas yakni PT Via Pulsa Global Indonesia.

Aplikasi ini menyediakan jasa konversi pulsa jadi uang yang beroperasi selama 24 jam. ViaPulsa dapat mengonversi pulsa jadi uang dari berbagai operator antara lain Telkomsel, Indosat, XL/Axis, dan lain sebagainya dengan rate atau nilai tukar yang cukup tinggi. 

2. byPulsa

Selain ViaPulsa, aplikasi convert pulsa menjadi uang lainnya adalah byPulsa. Aplikasi ini melayani beberapa operator utama antara lain Telkomsel, Tri, XL/Axis. Dengan aplikasi byPulsa ini, Anda bisa menukarkan pulsa menjadi uang dan mentransfernya ke berbagai e-wallet yang Anda miliki seperti OVO, GOPay, DANA, dan LINKAJA

Selain itu, Anda juga bisa mentransfer saldo pulsa ini menjadi saldo ATM BNI, BRI, dan BCA. Sayangnya, byPulsa belum bisa melayani transaksi selama 24 jam. Adapun jam operasional layanan aplikasi byPulsa dimulai dari jam 08.00 – 22.00 WIB. 

3. Uangku

Uangku merupakan dompet digital yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi online atau daring. Aplikasi ini merupakan aplikasi dompet digital yang dikelola oleh PT Smartfren Telecom Tbk. Uangku juga bisa digunakan untuk mengonversi pulsa jadi uang yang bisa ditransfer ke berbagai rekening bank dan dompet digital lainnya.

4. ConvertPulsay

Aplikasi konversi pulsa jadi uang yang juga banyak digunakan adalah ConvertPulsay. Aplikasi ini menggunakan metode transfer pulsa untuk sesama operator yang ditransfer baik ke dompet digital maupun ke ATM. ConvertPulsay juga memiliki nilai rate yang tinggi sehingga bisa dijadikan pilihan untuk mengonversi pulsa menjadi uang.


5. Converin

Converin juga menjadi salah satu aplikasi konversi pulsa jadi uang yang banyak digunakan. Converin dibuat oleh developer JoonDev untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan pulsa dan menukarkannya menjadi uang tunai yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa menukarkan saldo pulsa Anda menjadi uang tunai yang bisa ditransfer ke rekening dan ​​​​​​e-wallet seperti DANA, OVO, Gopay, dan ShopeePay

Nah, itulah beberapa aplikasi konversi pulsa jadi uang yang bisa membantu mengubah saldo pulsa menjadi uang tunai. Dengan adanya beberapa aplikasi ini, Anda tidak perlu perlu bingung untuk memanfaatkan pulsa Anda yang melimpah ruah.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut