get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Indonesia Negara Nomor 1 Dengan Tingkat Penurunan Deforestasi di Dunia

Sabtu, 20 Januari 2024 | 20:34 WIB
header img
Deforestasi hutan di Kalimantan. Foto : Greenpeace.org

DEPOK, iNewsDepok.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahun melakukan pemantauan hutan dan deforestasi pada seluruh daratan Indonesia seluas 187 juta hektare, baik di kawasan hutan maupun diluar kawasan hutan, dan berdasarkan pada peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) dalam program Kebijakan Satu Peta (KSP).

Hasil pemantauan hutan Indonesia tahun 2022 menunjukkan bahwa luas lahan berhutan seluruh daratan Indonesia adalah 96,0 juta hektare atau 51,2 persen dari total daratan, dimana 92,0 persen dari total luas berhutan atau 88,3 juta hektare berada di dalam kawasan hutan.

Diketahui deforestasi adalah suatu peristiwa hilangnya hutan alam beserta dengan atributnya yang diakibatkan oleh penebangan hutan. Penebangan hutan sendiri bertujuan mengubah lahan hutan menjadi non-hutan.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) deforestasi adalah kegiatan penebangan kayu komersial dalam skala besar.

Menurut data World Resources Institute Global, deforestasi terendah dicapai di era Jokowi. Juga menurut data World Resources Institute Global, RI sebagai negara nomor satu tingkat penurunan deforestasinya di dunia sebesar 65 persen, yang dicapai di era pemerintahan Jokowi. 

Deforestasi (netto) Indonesia tahun 2021-2022 adalah sebesar 104 ribu hektare. 

Sebagai pembanding, hasil pemantauan hutan Indonesia tahun 2020-2021 sebesar 113,5 ribu hektare. Dengan memperlihatkan hasil pemantauan tahun 2020-2021 dapat dilihat bahwa deforestasi Indonesia tahun 2021-2022 terjadi penurunan 8,4 persen.

Kebakaran hutan dan lahan tahun 2023 juga berhasil ditekan lebih kecil sebesar 30,80 persen dibandingkan tahun 2019 dengan pengaruh El-Nino yang hampir sama, bahkan kondisi 2023 lebih kering.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut