get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Koalisi Pejalan Kaki Soroti JPO di Taman Secawan Depok Karena Dianggap Tidak Efektif

Sabtu, 20 Januari 2024 | 16:01 WIB
header img
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Taman Secawan Depok. Foto: Diskominfo Kota Depok

DEPOK, iNewsDepok.id - Pembangunan JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) di Taman Secawan, Jalan Salak , Depok Jaya mendapat sorotan dari masyarakat. Hal ini karena JPO tersebut dianggap tidak efektif secara fungsinya karena jalan yang dilintasi merupakan jalan satu arah yang relatif kecil dengan 2 jalur.

Selain itu, terdapat pula lampu lalu lintas yang hanya terpaut 50 meter dari JPO tersebut, sehingga kendaraan umumnya dalam kecepatan rendah. 

JPO tersebut menghubungkan sisi utara jalan yang merupakan permukiman dengan sisi selatan yang merupakan bantaran kali.

Beberapa masyarakat menilai bahwa banyak ruas jalan lain yang lebih membutuhkan JPO atau fasilitas penyeberangan lainnya, terutama yang berdekatan dengan sekolah dan fasilitas umum lain. 

Meskipun demikian, JPO ini sepertinya tidak dibangun dengan tujuan untuk membantu pejalan kaki menyeberang saja. Karena selain JPO, pemerintah Kota Depok juga membangun trotoar yang cukup lebar di kedua sisi jalan dan disertai pula dengan kursi-kursi taman dan pagar-pagar rendah.

Terdapat pula panggung rendah dan area landai yang dapat digunakan untuk berkumpul hingga bermain skateboard.

Secara keseluruhan, ini merupakan ruang terbuka hijau atau open space yang ditujukan bagi masyarakat Kota Depok dan JPO berfungsi untuk menghubungkan kedua area open space tersebut.

Namun, dari kolom komentar pada unggahan @infodepok, banyak netizen yang menyayangkan adanya JPO ini karena dinilai jarang digunakan, dan berharap JPO dapat dibangun di depan Gramedia atau dekat stasiun Pondok Cina karena jalan tersebut sering digunakan.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut