get app
inews
Aa Read Next : Pengusaha Muda Indonesia Adit Setiawan Ajak Investor India Masuk Indonesia

Misi Matahari Aditya-L1 India Capai Orbit Matahari

Minggu, 07 Januari 2024 | 10:27 WIB
header img
Pesawat luar angkasa Aditya-L1 India melakukan perjalanan setelah diluncurkan dari Satish Dhawan Space Center di Sriharikota, India, Sabtu, 2 September 2023. Foto: AP Photo/R Parthibhan

DEPOK, iNewsDepok.id - Misi pengamatan matahari India telah memasuki orbit matahari setelah perjalanan selama empat bulan, sebuah keberhasilan terbaru dalam ambisi eksplorasi ruang angkasa di negara berpenduduk terbesar di dunia tersebut.

Misi Aditya-L1 dari Organisasi Penelitian Luar Angkasa India diluncurkan pada bulan September dan membawa serangkaian instrumen untuk mengukur dan mengamati lapisan terluar matahari.

“India menciptakan tonggak sejarah lainnya,” kata Perdana Menteri Narendra Modi dalam sebuah postingan di X, Sabtu (6/1/2024).

“Ini adalah bukti dedikasi tanpa henti dari para ilmuwan kami dalam mewujudkan misi luar angkasa yang paling kompleks dan rumit,” cuitnya.

Menteri Sains dan Teknologi India Jitendra Singh mengatakan di media sosial bahwa wahana tersebut telah mencapai orbit terakhirnya 'untuk mengungkap misteri hubungan Matahari-Bumi'.

Pesawat ruang angkasa tersebut telah memposisikan dirinya di Lagrange Point 1, dari sana ia akan melakukan studi komprehensif tentang matahari, dengan fokus pada korona matahari dan pengaruhnya terhadap cuaca luar angkasa.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut